Kompleksitas Karakter Arthur ‘Joker’ Fleck Para pemeran Joker, Robert DeNiro, Jared Leto, Heath Ledger dan Joaquin Phoenix. (Foto: Reddit/DCEU)

KARAKTER Arthur ‘Joker’ Fleck ditunjuk sebagai penjahat besar musuh Batman. Karakter yang dimainkan oleh Joaquin Phoenix dalam film besutan Todd Phillips tak sesederhana orang mencapnya sebagai penjahat.

Fleck adalah pria pintar dan stylish namun masuk dalam golongan beta male yang tidak dilirik oleh perempuan. Golongan ini kalah dengan alpha male yang dalam penampilan lebih terlihat namun tidak terlalu pintar. Bisa jadi karakter Joker mewakili kaum beta male yang kerap diasosiasikan dengan incel.

Baca Juga:

Fakta-fakta yang Wajib Diketahui di Film Joker

joker
Joaquin Phoenix yang memerankan Joker (Foto: the verge)


Incel menurut berbagai sumber di Google didefinisikan sebagai pria yang tidak sengaja berada dalam selibat atau lajang tidak sengaja. Sebenarnya pria incel adalah heteroseksual namun menjadi pembenci perempuan. Alasannya karena mereka tidak mendapatkan kasih sayang atau berhubungan seks dari perempuan yang sering menolak mereka. Kejadian yang paling menghebohkan adalah peristiwa pembunuhan Isla Vista di tahun 2014 yang menewaskan 21 orang. Pelakunya adalah Elliot Rodgers, aktivis incel dan saat ini menjadi ikon komunitas itu.

Dalam film itu Joker memiliki obsesi pada seorang perempuan bernama Sophie, namun dia tidak pernah berhasil mendekatinya. Meskipun dalam film tidak terfokus pada kisah romansnya dengan Sophie namun Joker menunjukan sebagai beta male. Sebagai perbandingan adalah film Taxi Driver yang dibintangi oleh Robert DeNiro sebagai Travis Bickle yang terobsesi pada pelacur remaja bernama Betsy (Jodie Foster).


Baca Juga:

Transisi Arthur Fleck Menjadi Karakter Jahat di Film Joker Terbaru

joker
Karakter Joker yang diperankan oleh Heath Ledger (Foto: CinemaBlend)

Untuk menunjukan dirinya bukan beta male, kemudian Bickle bertindak nekat dengan merencanakan pembunuhan terhadap presiden Amerika Serikat. Cilakanya film itu kemudian menginspirasi John Hinckley, Jr menembak Presiden Ronald Reagen 30 Maret 1981.

Karakter Joker sebenarnya juga merupakan representasi dari wajah masyarakat yang ada saat ini. Masyarakat yang sangat pintar dalam berbagai bidang dan memiliki penampilan yang penuh gaya dan bersinar. Di balik itu terdapat kekerasan dan perasaan terlupakan dan dilupakan oleh sekelilingnya. Namun Joker bukanlah pria sakit jiwa, dia sangat sadar dengan perilakunya. (psr)


Baca Juga:

Sutradara Joker Siap Kecewakan Penggemar

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH