Komnas Perempuan Temukan Pelanggaran HAM di Pegunungan Kendeng

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Sabtu, 22 April 2017
Komnas Perempuan Temukan Pelanggaran HAM di Pegunungan Kendeng
Sejumlah pegiat melakukan aksi teatrikal solidaritas peduli petani Kendeng di Jakarta, Senin (3/4). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Komisi Nasional Anti-Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menyoroti pelanggaran HAM yang terjadi dalam konflik pertambangan dan rencana pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng, Jawa Tengah, saat perayaan Hari Kartini.

"Temuan Komnas Perempuan dari hasil pemantauan, eksplorasi Pegunungan Kendeng memunculkan kekerasan dan ancaman kekerasan terhadap perempuan yang dialami perempuan saat demonstrasi maupun ancaman preman, aparat, dan tetangga," ujar Komisioner Komnas Perempuan Veny Aryani, di Jakarta, Jumat (21/4).

Menurutnya, pembangunan pabrik semen juga menimbulkan indikasi perdagangan manusia dan potensi migrasi paksa. Kartini Kendeng merupakan sebuah simbol yang diambil dari perjuangan RA Kartini dalam menentang kemiskinan karena eksploitasi sumber daya alam.

"Kartini Kendengan telah menyampaikan keberatan kepada Presiden Joko Widodo, menteri, gubernur Jawa Tengah, bupati serta lembaga HAM," ucapnya.

Para Kartini Kendeng telah menempuh berbagai cara dari menggunakan jalur hukum hingga menyemen kaki untuk mempertahankan sumber kehidupan.

"Gerakan kolektif perempuan Kendeng harus menjadi inspirasi bagi perjuangan gerakan perempuan di Indonesia," tambahnya.

Kendati demikian, dalam memaknai perjuangan Kartini Kendeng, Komnas Perempuan menyerukan untuk merefleksikan pemikiran RA Kartini dalam mengembalikan tanggung jawab negara pada hak asasi yang melekat pada warga negara.

Selanjutnya, menghentikan praktik pembangunan yang hanya memberikan keuntungan pada sekelompok orang, padahal telah mencerabut sumber kehidupan masyarakat.

"Mari melihat gerakan perempuan Kendeng sebagai upaya menyelamatkan bumi dan menghentikan seluruh proses eksplorasi yang merusak lingkungan di kawasan Pegunungan Kendeng," kata dia.

Sumber: ANTARA

#Kartini Masa Kini #Sembilan Kartini Pegunungan Kendeng
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan