Komnas PA Terus Dorong Perppu Kebiri

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 08 Desember 2015
Komnas PA Terus Dorong Perppu Kebiri
Arist Merdeka Sirait Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Jakarta, Selasa (16/6). (Foto: MerahPutih/Novriadi Sitompul)

MerahPutih Peristiwa - Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan bahwa pihak Komnas PA terus mendorong pemerintah untuk mengeluarkan Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang (Perppu) hukuman kebiri terhadap pelaku tindakan kejahatan seksual terhadap anak.

Menurut Arist Merdeka Sirait, hukuman bagi pelaku tindakan kejahatan seksualitas terhadap anak untuk saat ini belum membuat efek jera. Terbukti tahun ini terjadi peningkatan persentase kasus dibandingkan tahun sebelumnya.

"Sebagai bagian untuk efek jera saya menggagas itu dari tahun 2013. Bahwa perlu adanya pemberantasan hukuman seperti kebiri melalui suntuk kimia," ucapnya di kantor Komnas PA, Pasar Rebo, Jakarta, Selasa (8/12).

Pria berjanggut tebal ini menjelaskan, hukuman kebiri melalui suntik kimia bukan berarti mematikan organ seksualitas, melainkan membatasi ruang gerak libido yang liar dari para pelaku.

"Jadi jangan salah pemahaman baik para aktivis pakar kesehatan, (ini) akan melanggar hak asasi manusia. Kalau menghilangkan organ seksualitas berarti melanggar hak asasi," ujar Arist.

Menurutnya, salah jika banyak yang mengatakan bahwa hukuman kebiri tersebut tidak akan berhasil mengatasi kejahatan seksualitas terhadap anak. Pasalnya, kata Arist, hukuman tersebut harus dijalankan terlebih dahulu agar bisa dinilai keberhasilannya.

"Banyak sekali yang mengatakan itu tidak akan berhasil. Belum dilaksanakan bagaimana mau mengukur. Kan ada indikatornya baru bisa bilang berhasil atau tidak berhasil," tegasnya. (yni)

 

BACA JUGA:

  1. Dilema Hukum Kebiri untuk Predator Anak
  2. Fahira Idris Minta Jokowi Terbitkan Perppu Kebiri bagi Pelaku Paedofilia
  3. KPAI Desak Pemerintah Segera Berlakukan Hukuman Kebiri
  4. Barisan Wanita Muda NU Dukung Kebiri Pelaku Paedofil
  5. Geram, Alexandra Gottardo Minta Pelaku Kekerasan Anak Dikebiri

 

#Perppu Kebiri #Kebiri #Komnas PA #Arist Merdeka Sirait
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan