Komnas HAM Menyayangkan Pengusiran Fahri Hamzah di Manado

Luhung SaptoLuhung Sapto - Senin, 15 Mei 2017
Komnas HAM Menyayangkan Pengusiran Fahri Hamzah di Manado
Massa tolak kehadiran Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Manado, Sulut, Sabtu (13/5). (Twitter charliesianipar)

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Nur Kholis menyayangkan pengusiran Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah oleh kelompok massa di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu (13/5) lalu.

"Sekarang ini kan ada kecenderungan saling balas begitu ya, yang berkunjung ke sini tidak boleh, ada yang berkunjung ke sana tidak boleh, nah menurut saya ini sudah melibatkan daerah," ujar Nur Kholis di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/5).

Sebelumnya, Nur mendorong seluruh kepala daerah untuk berperan aktif meredam potensi konflik horizontal di tataran masyarakat yang kini tengah menguat.

"Kepala daerah harus turun tangan, agar persoalan ini tidak meluas secara nasional, skala bisa turun, dan substansi tidak terlalu ekstrem. Sekarang ini ada kecenderungan saling balas," ujar Nur.

Komnas HAM, lanjut Nur, juga menyoroti pengrusakan terhadap fasilitas umum di Bandara Sam Ratulangi, karena menolak kehadiran Politisi PKS, Fahri Hamzah.

Sebelumnya, sekelompok massa yang mengatasnamakan masyarakat adat Minahasa mengepung bandara. Massa tertahan di pagar yang dijaga pasukan Brimob dari Polda Sulut.

Kedatangan Fahri untuk menghadiri sebuah acara diskusi, sudah diketahui sebelumnya. Namun, Fahri berhasil dievakuasi oleh aparat. (Pon)

Baca juga berita pengusiran Fahri Hamzah di Manado di: Ketua Umum PKB Kecam Pengusiran Fahri Hamzah di Manado

#Fahri Hamzah
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan