Komjen Rycko Amelza Ditunjuk Jadi Kepala BNPT Gantikan Boy Rafli

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 31 Maret 2023
Komjen Rycko Amelza Ditunjuk Jadi Kepala BNPT Gantikan Boy Rafli
Kepala Lemdiklat Polri Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel (kanan) bersama Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono saat penutupan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri Tahun 2022 di Lapangan La

MerahPutih.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Rycko Amelza Dahniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru menggantikan Komjen Boy Rafli Amar. Rekomendasi itu telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pak Rycko akan duduk di jabatan Kepala Badan Nasional Penanganan Terorisme. Nanti akan dilantik Bapak Presiden," kata As SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/3).

Baca Juga:

Jokowi Bakal Lantik Menpora dan Kepala BNPT Minggu Depan

Dalam mutasi terbaru, Kapolri memutasi Rycko yang juga mantan ajudan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dari posisi Kepala Lembaga pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri menjadi Pati Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Sementara Komjen Boy Rafli Amar yang sebelumnya menjadi Kepala BNPT juga telah dimutasi menjadi Pati Densus 88 Antiteror Polri.

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/712/III/KEP./2023 dan ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada bulan Maret 2023 lantaran usianya sudah 58 tahun. Rycko pun mengaku siap mengemban jabatan Kepala BNPT.

Rencananya, ia pekan depan akan dilantik Jokowi bersama dengan Menteri Pemuda Olah Raga (Menpora) yang baru.

Baca Juga:

BNPT Turun Tangan Antisipasi Terorisme di Gelaran Piala Dunia U-20

Kapolri juga memutasi Komjen Luki Hermawan Luki yang tadinya ditugaskan sebagai Wakil Badan Sandi Siber Negara (BSSN) kini ditempatkan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Politik Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Selain itu, Kapolri juga memutasi Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto dalam rangka pensiun.

Listyo kemudian menunjuk Irjen Fadil Imran yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya untuk mengisi posisi tersebut.

Sementara untuk posisi Kapolda Metro Jaya yang kosong kini ditempati oleh Irjen Karyoto yang sebelumnya ditugaskan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Posisi Kalemdiklat Polri saat ini ditempati oleh Komjen Purwadi Ariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). (KNU)

Baca Juga:

BNPT Sebut Penyanderaan Pilot Susi Air oleh KKB sebagai Aksi Terorisme

#Kepala BNPT #Kapolri #Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo #Presiden Joko Widodo
Bagikan
Bagikan