Komisi III DPR akan Kunjungi Morowali Utara Imbas Bentrokan di PT GNI

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 17 Januari 2023
Komisi III DPR akan Kunjungi Morowali Utara Imbas Bentrokan di PT GNI
Anggota Komisi III DPR, Habiburokhman (MP/Kanugraha)

MerahPutih.com - PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) yang berlokasi Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, tengah menjadi sorotan menyusul terjadinya bentrok yang menewaskan dua pekerja, pada Sabtu (14/1).

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengatakan, pihaknya akan mengunjungi PT GNI untuk mengetahui kondisi pasti pemicu kericuhan tersebut.

Baca Juga

DPR Desak Kepolisian Usut Tuntas Bentrokan Berdarah di PT GNI

"Kamis hingga Jumat," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (20/1).

Habiburokhman menyebut kunjungan kerja spesifik Komisi III ke PT GNI ntuk mencari solusi terbaik dari penyelesaian hukum usai insiden berdarah tersebut.

"Kunjungan ini demi untuk mencari jalan keluar penyelesaian masalah kejadian di PT GNI secara hukum yang adil bagi semua pihak," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Baca Juga

Kapolri Sebut 17 Orang Ditetapkan Tersangka Kericuhan PT GNI Morowali

Sebelumnya diberitakan Kepolisian diminta mengusut tuntas bentrokan berdarah yang terjadi di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI).

"Pihak-pihak yang terbukti bersalah harus diproses secara hukum," kata Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani dalam keterangannya, Selasa,(17/1).

Netty meminta agar pengusutan tidak hanya berfokus pada dampak kerusuhan, tapi juga penyebab terjadinya kerusuhan tersebut.

Apalagi, kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, kericuhan tersebut bermula dari unjuk rasa pekerja yang menuntut perusahaan. (Pon)

Baca Juga

PT GNI Diminta Terbuka Buat Hindari Bentrok Pekerja Asing dan Indonesia

#Habiburokhman #Komisi III DPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan