Komisi II DPR Ingin Pastikan Pemilu 2024 Lebih Berkualitas

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 07 Juni 2023
Komisi II DPR Ingin Pastikan Pemilu 2024 Lebih Berkualitas
Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. (Foto: DPR)

MerahPutih.com - Komisi II DPR memastikan bahwa kesiapan pelaksanaan pemilu 2024 berjalan dengan baik. Termasuk lebih berkualitas daripada tahun sebelumnya.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung menuturkan, pihaknya membidangi masalah politik dan pemerintahan di dalam negeri yang termasuk didalamnya urusan-urusan politik dan pemilu.

Baca Juga:

Ketua MPR RI Harap Tak Ada Kampanye Hitam pada Pemilu 2024

"Kami mempunyai kepentingan untuk memastikan bahwa kesiapan pemilu prosesnya berjalan dengan baik, sehingga kita bisa berharap pemilu 2024 lebih berkualitas daripada tahun sebelumnya," kata Doli yang dikutip di Jakarta, Rabu (7/6).

Doli pun mengatakan dalam meningkatkan kualitas pemilu 2024, Komisi II memastikan dari berbagai tahapan dalam kesiapan pemilu 2024 yang salah satunya adalah tahapan validisasi daftar pemilih.

"Salah satu yang ingin kita(Komisi II) pastikan sampai hari ini, penyelenggara pemilu sudah menyelesaikan berbagai tahapan. Termasuk melakukan tahapan validisasi daftar pemilih," tegas Anggota DPR RI Fraksi Golkar.

Baca Juga:

PKS Kritik Petinggi BPIP Terkait Dugaan Cawe-cawe Sistem Pemilu Tertutup

Tahapan validisasi daftar pemilih, menjadi pertimbangan Doli. Sebab, pengelolaan data kependudukan berada di pemerintah sehingga perlu koordinasi bagi penyelenggara pemilu 2024 untuk penyesuaian data kependudukan yang masih tanggung jawab disdukcapil.

"Kadang-kadang juga bisa menimbulkan masalah tersendiri, kalau terjadi sengketa antara satu partai dengan partai lain dan juga satu caleg dengan caleg yang lain. Karna tidak adanya sinkronisasi antara data kependudukan dari institusi tertentu dengan institusi yang lain," ucap Legislator Dapil Sumatera Utara III. (Knu)

Baca Juga:

Rakernas III PDIP Bersifat Tertutup, Bahas Aspek Strategis Pemenangan Pemilu

#Pemilu 2024 #Komisi II DPR #DPR RI #Ahmad Doli Kurnia
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan