Komisi I Targetkan Pembahasan RUU PDP Rampung Awal Juli

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 19 Mei 2022
Komisi I Targetkan Pembahasan RUU PDP Rampung Awal Juli
akil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. Foto: Andri/Man

MerahPutih.com - Komisi I DPR RI akan kembali menggelar rapat dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada Selasa (24/5) untuk melanjutkan pembahasan ancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP)

Ketua Panitia Kerja RUU PDP, Abdul Kharis Almasyhari menargetkan pembahasan RUU PDP rampung pada Masa Persidangan V DPR Tahun Sidang 2021-2022 yang akan berakhir pada 7 Juli 2022.

Baca Juga

Puan: Tudingan PeduliLindungi Langgar Privasi Mudah Dibuktikan Lewat UU PDP

"Minimal selesai pembahasan seluruh pasal-pasalnya," kata Kharis kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/5).

Meski demikian, Wakil Ketua Komisi I DPR ini mengakui pembahasan RUU PDP masih terganjal persoalan lembaga pengawas perlindungan data pribadi.

"Kalau itu ketemu, rasanya mudah-mudahan cepat bisa selesai karena pasal-pasal tidak berkaitan dengan badan atau lembaga pengawas ini sudah selesai kita sepakati pada awal-awal tahun 2020," ujar Kharis.

Baca Juga

DPR Minta Pemerintah Konsisten Soal Lembaga Pengawas di RUU PDP

Lebih lanjut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, Komisi I terus komunikasi dengan Kemenkominfo untuk mencari titik temu terkait hal tersebut.

"Kita cari titik temu agar undang-undang ini bisa selesai, mengingat kita saya kira menjadi salah satu negara yang belum memiliki Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Pimpinan DPR Sepakat RUU PDP Segera Dirampungkan

#RUU PDP #Komisi I DPR
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan