Komisi D Minta SDA Perbanyak Drainase Vertikal di Kelurahan Ilustrasi (YouTube)

Merahputih.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Demokrat, Neneng Hasanah meminta Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI untuk memperbanyak sumur resapan atau drainase vertikal di kelurahan-kelurahan.

"Meskipun sumur resapan dalam skala yang kecil tapi bisa merata di banyak kelurahan," kata Neneng di Jakarta, Kamis (9/1).

Baca Juga

Pemprov DKI Ajak Warga Buat Drainase Vertikal, Segini Harganya

Menurut Neneng, drainase vertikan perlu dibagung di sekitar lingkungan warga agar air hujan yang ditampung dapat dimanfaatkan secara langsung. Misalkan seperti musim kemarau air yang ditampung di drainase itu dapat digunakan masyrakat.

"Warga juga bisa pakai airnya untuk memenuhi kebutuhan mereka di luar musim hujan nanti (kemarau), karena DKI ini kan masih banyak wilayah-wilayah yang kekeringan juga," jelasnya.

Proyek drainase di Jakarta
Salah satu proyek drainase di Jakarta (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Anggota Komisi D DPRD DKI ini berharap agar sumur resapan dapat menjadi salah satu langkah antisipasi yang solutif dalam menjawab permasalahan banjir yang terus terjadi di wilayah Jakarta.

"Kami ingin sumur resapan yang dibuat oleh Dinas SDA bisa dijalankan dengan baik, dan tentu harus ada koordinasi yang baik. Kalau sudah ada sumur resapan, harus difungsikan atau dimanfaatkan, dan juga dimaksimalkan keberadaannya secara baik," papar Neneng

Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI, Nova Harivan Paloh mengatakan, setidaknya pemanfaatan sumur resapan juga berperan penting dalam efektifitas pengendalian air hujan ketika datang dalam skala yang cukup besar.

Baca Juga

Pemprov DKI Akui Drainase Vertikal Tak Mampu Atasi Banjir Kiriman

Menurut dia, sumur resapan seyogyanya dapat di perbanyak di sejumlah titik yang menjadi paru-paru Ibu Kota seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Jangan sampai sumber resapan hanya di beberapa titik saja. Kita sarankan juga bahwa di hutan kota dan jalur hijau pun harus ada sumur resapan," kata Nova Paloh. (Asp)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH