Kominfo Teruskan Program Pengembangan Talenta Digital di 2022 Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo

MerahPutih.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menjalankan program pelatihan digital yakni Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), Program Digital Talent Scholarship (DTS), dan Program Digital Leadership Academy (DLA).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan, program pengembangan talenta digital akan diteruskan dan diperluas kerja samanya dengan para mitra terkait di tahun 2022.

Baca Juga

Penyelesaian Pemeratan Pembangunan Infrastruktur TIK Ditargetkan Tuntas 2024

“Pembangunan infrastruktur harus juga bisa digunakan dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat atau hilirisasi. Dalam rangka hilirisasi ini, maka ada banyak yang harus kita lakukan termasuk untuk mempersiapkan tersedianya sumberdaya manusia atau talenta digital yang memadai,” kata Menteri Johnny dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (3/1).

Menurutnya, pengembangan kapasitas SDM digital bukan hanya tugas Kementerian Kominfo semata. Ada peran kementerian dan lembaga serta ekosistem di Indonesia, Namun, sejalan dengan pembangunan infrastruktur digital yang berlangsung, Kementerian Kominfo juga meningkatkan kapasitas talenta digital agar bisa memanfaatkan infrastruktur yang ada.

“Kita mempunyai infrastruktur TIK tapi kita tidak siap dengan sumberdaya manusianya, sehingga Kominfo mengambil inisiatif untuk melakukan program terkait dengan peningkatan kualifikasi dan kualitas sumberdaya manusia digital Indonesia dimulai dari level yang paling bawah yaitu basic skills,” tuturnya.

Menkominfo menyatakan capaian GNLD atau peserta pelatihan kecakapan digital tingkat dasar tahun 2021 hampir 98,87 persen atau total 12.307.498 orang. Tahun depan, yang mengikuti GNLD. Untuk tahun 2022, Kementerian Kominfo kembali menargetkan 12,5 juta orang peserta.

“Tahun depan kita akan lanjutkan ini dengan jumlah yang sama, tetapi belum tersedia di APBN anggarannya sehingga kami akan mencari dana atau sumber pembiayaan baru, bagaimana untuk memenuhi kebutuhan sekitar 12 setengah juta lagi tahun depan. Dengan harapan di akhir tahun 2024, 50 juta penduduk Indonesia sudah mendapat pelatihan digital tingkat basic,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, dari total sekira 270 juta orang Indonesia, masih relatif sedikit yang memahami digitalisasi. Melalui Program GNLD, Kementerian Kominfo bersama ekosistem menyediakan pelatihan untuk mengenalkan dasar-dasar literasi digital.

“Tanpa melibatkan dan menghadirkan masyarakat untuk mengambil bagian di dalam ruang digital, maka infrastruktur TIK yang kita bangun tidak akan optimal pemanfaatannya,” ujar Johnny.

Baca Juga

Kominfo Imbau Masyarakat Tak Termakan Hoaks COVID-19

Program GNLD yang pernah mendapat Prize Winner dari International Telecommunication Union PBB tahun 2020 itu memberikan pelatihan kepada masyarakat di 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota. Ada empat kurikulum dasar yang diajarkan antara lain kecakapan digital, etika digital, keamanan digital dan budaya digital.

“Kami mengambil inisiatif lebih proaktif untuk melakukan gerakan ini dengan harapan kementerian dan lembaga, dan pemerintah daerah lakan meneruskannya dan memperbanyak. Karena memang kebutuhan kita sangat besar, tidak bisa sukses kita nanti seperti pelaku UMKM dan ultra mikro onboarding kalau kita tidak menyiapkan mereka untuk punya kecakapan digital tingkat basic,” jelsa Menkominfo.

Di tingkatan menengah, Kementerian Kominfo melaksanakan Program Digital Talent Scholarship. Target Program DTS melatih setidaknya 600 ribu talenta digital setiap tahun untuk mencapai target ketersediaan 9 juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan.

“Kominfo mengambil inisiatif sudah beberapa tahun terakhir ini, tahun 2021 cukup agresif dengan menyiapkan 100 ribu pelatihan bagi para milennial Indonesia tamatan SLTA dan sarjana. Tahun depan, saya harapkan program ini melatih sekitar 200 ribu peserta dan ini juga kerjasama dengan lebih dari 100 perguruan tinggi di Indonesia dan perusahaan global,” tutur Menteri Johnny.

Menurut Menkominfo, realisasi target peserta Program DTS tahun 2021 berjumlah 131.204 orang peserta. Mereka telah mengikuti berbagai program pelatihan berkaitan dengan cloud computing, artificial intelligence, internet of things, virtual reality, augmented reality hingga coding.

“Program ini bekerjasama dengan banyak global technology company, baik dari Amerika, Eropa maupun Asia. Mulai dari Cisco, Apple, Microsoft, Huawei, Samsung, ZTE dan lain sebagainya mengambil bagian di dalam ini untuk ketersediaan tenaga-tenaga digital atau keahlian digital di tingkat menengah,” paparnya.

Sedangkan di tingkat atas atau advance, Kementerian Kominfo menjalankan Program Digital Leadership Academy (DLA) untuk penyiapan dan pelaksanaan kebijakan digital. Program itu dilaksanakan untuk melatih pegawai sektor publik mencakup pemerintah pusat dan daerah dan startup founder di sektor privat.

Dalam Program DLA tahun 2021, Kementerian Kominfo bermitra dengan empat perguruan tinggi ternama di dunia yakni Tsinghua University, National University of Singapore di Singapura, Oxford University di Inggris dan Harvard Kennedy School di Amerika Serikat.

“Tahun 2021 ini sebanyak 306 peserta, tahun 2022 program ini akan dikembangkan dengan target 400 pimpinan lembaga publik dan C-level mengikuti program DLA yang harapan kami bekerja sama dengan 8 universitas top dunia,” pungkasnya. (*)

Baca Juga

Menkominfo: Sektor Infokom Tumbuh Positif di Tengah Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Minyak Goreng Masih Langka dan Mahal, PKS Minta Pemerintah Berantas Mafia
Indonesia
Minyak Goreng Masih Langka dan Mahal, PKS Minta Pemerintah Berantas Mafia

Kelangkaan dan tingginya harga minyak goreng di pasaran masih dirasakan masyarakat.

Arif Rachman Mohon Maaf Tak Mampu Melawan Ancaman Ferdy Sambo
Indonesia
Arif Rachman Mohon Maaf Tak Mampu Melawan Ancaman Ferdy Sambo

Terdakwa Arif Rachman Arifin menjalani sidang pembacaan nota pembelaan atau pleidoi atas perkara obstruction of justice penanganan kasus pembunuhan Brigadir J.

Naikkan Harga BBM, Pemerintah Dinilai Abaikan Psikologis Rakyat
Indonesia
Naikkan Harga BBM, Pemerintah Dinilai Abaikan Psikologis Rakyat

"Kebijakan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi mengabaikan psikologis rakyat yang saat ini sedang tertatih untuk pulih dan bangkit dari hantaman pandemi," kata anggota DPD RI Fahira Idris

Diajak Demokrat Berkoalisi, Nasdem: Kami Terbuka untuk Semua Partai
Indonesia
Diajak Demokrat Berkoalisi, Nasdem: Kami Terbuka untuk Semua Partai

"Koalisi untuk Pemilu 2024 semuanya masih terbuka. Jadi Nasdem tidak mengunci untuk satu partai, semua partai terbuka," kata Ahmad Ali.

AHY Sebut Lukas Enembe 4 Kali Terkena Strok
Indonesia
AHY Sebut Lukas Enembe 4 Kali Terkena Strok

Gubernur Papua Lukas Enembe hingga kini tak kunjung memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi.

Prabowo Libas Puan dan Airlangga Satu Putaran di Simulasi Survei Pilpres
Indonesia
Prabowo Libas Puan dan Airlangga Satu Putaran di Simulasi Survei Pilpres

Prabowo Subianto menang satu putaran bila melawan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Komnas HAM Dapatkan Informasi Penting Usai Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J
Indonesia
Komnas HAM Dapatkan Informasi Penting Usai Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Komnas HAM mendapatkan data penting setelah rekonstruksi pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo.

KIB Berkumpul di Makassar Awal November, Ajak PDIP Bergabung
Indonesia
KIB Berkumpul di Makassar Awal November, Ajak PDIP Bergabung

KIB akan menggelar pertemuan ketiga di Makassar 6 November mendatang.

Laksamana Yudo Tiba di DPR Didampingi KSAD, KSAU dan Kapolri
Indonesia
Laksamana Yudo Tiba di DPR Didampingi KSAD, KSAU dan Kapolri

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tiba di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Jumat (2/12).

IKN Nusantara Dinilai Jauh dari Bencana Geologis
Indonesia
IKN Nusantara Dinilai Jauh dari Bencana Geologis

Pemerintah telah memutuskan memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.