Wisata Indonesia
Kemenkominfo Siap Dukung Pemulihan Parekraf ada dua taktik yang akan dilakukan Kominfo untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Foto: pixabay/kkinika)

USMAN Kansong selaku Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo), menjelaskan, bahwa ada dua taktik untuk mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di tengah masa pandemi COVID-19.

Usman menjelaskan pihaknya sangat mendukung pemulihan pariwasata dan ekonomi kreatif melalui dua cara.

Baca Juga:

Kominfo Berkolaborasi untuk Lindungi Warganet

"Pertama ialah menyiapkan infrastruktur jaringan internet. Kedua dengan mendukung komunikasi publik," tutur Usman Kansong, seperti dikutip ANTARA.

Mengenai cara pertama, yakni penguatan infrastruktur, jaringan internet akan disiapkan untuk seluruh wilayah administratif pemerintah serta permukiman penduduk, khususnya di daerah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal).

Kemenkominfo akan lakukan penguatan infrastruktur jaringan internet (Foto: pixabay/madebynastia)

Setelah menyediakan sinyal yang lebih merata, Kemenkominfo akan mendorong sejumlah operator seluler untuk menyelesaikan pembangunan menara BTS dengan lebih masif. Tujuannya, agar sinyal yang ada dapat semakin merata serta bisa dirasakan masyarakat luas.

Dengan persiapan infrastuktur internet yang mumpuni, tentu para wisatawan dan pelaku ekonomi kreatif di wilayah yang sebelumnya kesulitan sinyal dapat lebih cepat mengakses informasi dari gadget mereka.

Kesiapan infrastuktur untuk sinyal internet 4G difokuskan untuk di kawasan wisata sehingga bisa menyokong smart traveller serta menjadikan kawasan wisata tersebut sebagai smart destination sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

Selain infrastuktur, talenta digital dari kalangan pelaku usaha ekonomi kreatif pun sangat penting untuk diasah. Seperti halnya dengan pelatihan yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo.

Baca Juga:

Kominfo Pantau Ketat Spyware Candiru

Kemudian, cara yang kedua ialah menjadi sebuah koridor besar dalam pemulihan ekonomi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh Kemkominfo. Yakni menyiapkan komunikasi publik yang menarik dan efektif. "Strategi komunikasi publik yang kami lakukan nomor satu adalah fokus pada kelompok masyarakat yang masih ragu terkait kesiapan protokol kesehatan di tempat wisata," ujar Usman.

Pada kurun waktu satu bulan terakhir, kasus COVID-19 menuru secara signifikan, sehingga penanganan pandemi serta rencana pemulihan ekonomi khususnya dari sektor parekraf sudah semakin matang.

Komifo terus menyuguhkan informasi pada masyaraka untuk terus menjaga penerapan protokol kesehatan, ketika bekerja di bidang kreatif atau berlibur (Foto: pixabay/qwertyvied)

Tapi, tak sedikit masyarakat yang tidak begitu percaya pada penanganan serta rencana pemerintah. Karena itu, dibutuhkan komunikasi publik yang positif serta berkelanjutan. Hal itu agar sektor parekraf dapat kembali mendapat perhatian dari masyarakat.

Adanya berita baik terkait program, kebijakan pemerintah, kesiapan pariwisata di Indonesia yang berbasis Clean, Health, Safety dan Environment (CHSE), serta protokol kesehatan ke sejumlah media, merupakan salah satu cara Kominfo untuk memperoleh kepercayaan masyarakat.

Selain itu, Komifo pun terus menyuguhkan informasi pada masyarakat, untuk terus menjaga penerapan protokol kesehatan ketika bekerja di bidang kreatif atau berlibur. Sehingga penangan pandemi serta pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan lancar.

Tak hanya itu, Kemkominfo juga turut memberantas sejumlah berita misinformasi dan hoaks, terkait penanganan pandemi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, agar kepercayaan masyarakat bisa meningkat. (Ryn)

Baca Juga:

Malware dan Peretas Mengancam di Balik Aplikasi Kencan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pulang ke Korea, Youn Yuh-jung Disambut Hangat
ShowBiz
Pulang ke Korea, Youn Yuh-jung Disambut Hangat

Ia tiba di Korea setelah hampir dua minggu di AS untuk menghadiri Oscar.

‘What’s New’, Fitur Anyar Spotify untuk Temukan Lagu dan Podcast Terbaru
Fun
‘What’s New’, Fitur Anyar Spotify untuk Temukan Lagu dan Podcast Terbaru

Fitur ini dapat dengan mudah diakses oleh pengguna, baik di perangkat iOS dan Android.

Tetap Tren dan Menjanjikan, Yuk Rawat Tanaman Hias di 2021
Fun
Tetap Tren dan Menjanjikan, Yuk Rawat Tanaman Hias di 2021

4 tanaman hias ini bakal tetap jadi tren di 2021.

Buku Anak Karya Meghan Markle Terinspirasi dari Hubungan Harry dan Archie
Fun
YG Entertainment Melarang Lisa BLACKPINK Ikuti Pemotretan dan Acara BVLGARI di Paris
ShowBiz
Aksi Komedi Tante Maya Berlanjut di 'SUSAH SINYAL The Series'
ShowBiz
Aksi Komedi Tante Maya Berlanjut di 'SUSAH SINYAL The Series'

SUSAH SINYAL The Series digarap oleh sutradara Bene Dion Rajagukguk.

Rayakan 40 Tahun Anthrax Punya Sesuatu Istimewa untuk Para Fans
ShowBiz
Rayakan 40 Tahun Anthrax Punya Sesuatu Istimewa untuk Para Fans

Anthrax telah menjanjikan sesuatu yang besar untuk para fansnya.

8 Tahun Tanpa Materi, Placebo Kejutkan dengan Single ‘Beautiful James'
ShowBiz
8 Tahun Tanpa Materi, Placebo Kejutkan dengan Single ‘Beautiful James'

Placebo comeback dengan unsur kemawahan yang mereka hadirkan di 2021.

Jalan Tengah Debut dengan Mini Album 'Animo'
ShowBiz
Jalan Tengah Debut dengan Mini Album 'Animo'

Jalan Tengah digawangi oleh Om Bags (vokal dan bass), Made Rembo (gitar), Mangde (drum) dan Gus Budi (gitar).

GoFood Pimpin Industri Food Delivery
Fun
GoFood Pimpin Industri Food Delivery

Pertumbuhan pendapatan GoFood mencapai 20 kali lipat dalam empat tahun terakhir.