Game

Kominfo Kembali Buka Akses Platform Game Origin

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 04 Agustus 2022
Kominfo Kembali Buka Akses Platform Game Origin
Origin merupakan platform gim online. (Foto; Origin)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya membuka blokir platform Origin pada Rabu (3/8) pukul 14.00 WIB. Para gamers pun sudah bisa memainkan kembali sejumlah gim online di platform Origin.

"Menyampaikan bahwa penyelenggara sistem Electronic Arts telah mendaftarkan Sistem Elektronik Origin.com," jelas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, dilansir Antara, Kamis (4/8).

Origin sebelumnya diblokir oleh Kominfo karena belum tercatat dalam daftar penyelenggara sistem elektronik (PSE). Kominfo sudah lebih dulu membuka blokir Yahoo, Steam, Dota, dan Counter-Strike GO setelah perusahaan mendaftar.

Layanan PayPal juga sudah kembali normal setelah mendaftar. Semula Kominfo berencana membuka sementara PayPal sampai 5 Agustus agar masyarakat dapat memindahkan saldonya.

Baca juga:

Kominfo Buka Peluang Tangguhkan Blokir Dota dan Steam

Kominfo Buka Blokir Origin
Ada berbagai macam game di Origin. (Foto: Origin)


Ada pun beberapa gim yang bisa dimainkan di platform Origin termasuk The Sims 4, FIFA 22, Battlefield V, Need for Speed, Titanfall, Battlefield 4, F1 22, dan masih banyak lagi. Pernyataan blokir Origin sebelumnya sempat menuai kontroversi, terlebih dari para gamers di Indonesia.

Kominfo sempat memblokir situs-situs tersebut pada Sabtu (30/7) karena perusahaan tidak mendaftar sebagai PSE di Indonesia. Kominfo mewajibkan PSE domestik dan asing untuk mendaftar, sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Baca juga:

Begini Cara Kominfo Blokir Situs Dewasa

Kominfo Buka Blokir Origin
Steam juga sudah dibuka terlebih dahulu. (Foto: screenshot)

Berkaitan dengan pendaftaran PSE, Kominfo juga telah memblokir 15 situs yang tergolong perjudian online setelah melalui evaluasi. Beberapa situs tersebut sebelumnya sempat terdaftar sebagai PSE.

Platform atau sistem elektronik yang diblokir adalah Domino Qiu Qiu, Topfun, Pop Domino, MVP Domino, Pop Poker, Let’s Domino Gaple QiuQiu Poker Game Online, Steve Domino QiuQiu Poker Slots Game Online, Higgs Slot Domino Gaple QiuQiu, Ludo Dream, Domino QiuQiu 99 Boyaa QQ KIU, Domino Gaple Boya QiuQiu Capsa, Poker Texas Boyaa, Poker Pro.id, Pop Big2, dan Pop Gaple. (and)

Baca juga:

Kominfo Minta YouTube Blokir Akun Jozeph Paul Zhang

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan