Headline

Kominfo Jelaskan Penyebab Lumpuhnya Layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram

Eddy FloEddy Flo - Senin, 15 April 2019
 Kominfo Jelaskan Penyebab Lumpuhnya Layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram
Plt Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu (MP/Gomes Roberto)

MerahPutih.Com - Warganet pengguna layanan aplikasi WhatsApp, Facebook dan Instagram pada Minggu (14/4) sempat mengeluhkan 'lumpuhnya' platform media sosial yang bernaung dibawah kepemilikan Mark Zuckerber tersebut.

Terkait lumpuhnya layanan WhatsApp, Facebook dan Instagram, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjelaskan bahwa hal itu disebabkan oleh gangguan pada server yang dimiliki ketiga aplikasi tersebut.

"Jadi benar kemarin, WhatsApp, Facebook, dan Instagram down di beberapa wilayah di dunia, termasuk Indonesia,” ujar Plt Kepala Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, di Jakarta, Senin (15/4).

Aplikasi WhatsApp
Aplikasi WhatsApp (Foto: pixabay)

Lebih lanjut Facebook, menurut Ferdinandus, telah menyampaikan laporan gangguan server mereka kepada Kominfo menyusul jumlah pengguna yang terus meningkat.

Bukan hanya aplikasi WhatsApp, media sosial Facebook dan Instagram juga mengalami gangguan selama kurang lebih satu jam 40 menit, mulai pukul 18.00 WIB.

Dalam sejumlah pesan berantai yang ditemukan pada WhatsApp seusai layanan kembali normal, gangguan layanan itu disebut sebagai cara pemerintah untuk merekam jejak masyarakat di media sosial.

Namun, Menteri Kominfo Rudiantara sebagaimana dilansir Antara membantah rumor tersebut. "Enggak," ujarnya sembari menggelengkan kepala.

Bukan hanya pengguna di Indonesia, sejumlah pengguna dari Amerika Serikat, Bahrain, Inggris, Prancis, Thailand, hingga Oceania juga mengaku mengalami gangguan aplikasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook, termasuk Facebook Messenger.

Sementara, The Verge, Minggu (14/4) melaporkan gangguan layanan Whatsapp, Instagram, dan Facebook itu merupakan gangguan kedua dalam jangka satu bulan.(*)

#Kementerian Komunikasi Dan Informatika #WhatsApp #Facebook #Mark Zuckerberg
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan