Anime

Komik Ukuran Titan untuk Rayakan Edisi Terakhir 'AOT'

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 05 Maret 2021
Komik Ukuran Titan untuk Rayakan Edisi Terakhir 'AOT'
Penerbit Kodansha buat komik raksasa Attack on Titan edisi spesial. (Foto Kodansha)

KOMIK Attack on Titan hadir dengan ukuran raksasa. Sangat sesuai untuk para Titan. Setelah melalui perjalanan 12 tahun yang panjang, manga buatan Hajime Isoyama itu dijadwalkan berakhir pada April. Bab terakhirnya akan diterbitkan dalam edisi 9 Bessatsu Shonen Magazine.

Perpisahan memang tidak pernah menyenangkan, tapi setidaknya 34 volume dan animenya sudah menemani penggemar selama belasan tahun. Maka dari itu, sebagai penghormatan kepada salah satu manga hit terbesar dalam satu dekade terakhir, penebit Kodansha memutuskan merayakannya dengan mencetak buku komik terbesar sepanjang masa.

BACA JUGA:

Musim Pertama ‘WandaVision’ Berakhir Pekan ini

Biasanya sebuah buku komik dibuat dengan ukuran tinggi 17,7cm, lebar 11,2cm, dan tebal 0,9cm. Lainnya mungkin sedikit lebih besar, tapi kebanyakan tidak terlalu berbeda jauh. Namun tidak demikian dengan komik satu ini. Manga 'Attack on Titan' edisi spesial itu benar-benar diciptakan agar bisa dinikmati oleh para monster raksasa. Secara khusus, ukurannya disesuaikan agar pas dengan tangan protagonis Eren dalam bentuk Titan setinggi 15 meter. Demikian seperti dilansir dari laman 'Sora News 24'.

Ketika diukur, tinggi komik tersebut mencapai 1 meter, atau lebih tepatnya 101cm. Sementara itu, lebarnya dibuat berukuran 71,5 cm. Menurut Kodansha, ukuran masifnya bahkan berhasil mengalahkan Guinness Worlds Record untuk buku komik terbesar saat ini.

attack on titan
Komiknya setinggi satu meter dan selebar 71cm. (Foto Kodansha)

Kalau biasanya kamu dapat membaca komik sambil tiduran, jangan harap bisa melakukannya dengan untuk 'Attak on Titan for Giants' karena berat komiknya 13,7 kilogram. Metode terbaik untuk membacanya adalah dengan meletakkannya di lantai maupun di atas meja besar. Pasalnya membuka halamannya saja merupakan tantangan tersendiri karena lembaran kertasnya terlalu besar.

Berdasarkan situs resmi Kodansha, Attacks on Titan for Giants berisi reproduksi volume 1 dari komik Attack on Titan, termasuk episode 1 dan 2. Sayangnya komik raksasa ini hanya dibuat 100 kopi saja dan tidak akan diproduksi kembali. Sepertinya karena setiap buku diikat dengan tangan, bukan dengan mesin sehingga membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Selain itu, penjualan dan pengirimannya hanya tersedia di Jepang.

attack on titan
Komik ini hanya dibuat 100 kopi saja dengan harga satuannya diberandol Rp19juta. (Foto Kodansha)

Harga satuannya diberandol 150,000 yen atau kurang lebih setara dengan Rp19,9 juta. Pemesanan sudah bisa dilakukan sejak 6 Maret 2021 dan dijadwalkan untuk dikirim pada pertengahan Mei hingga pertengahan Juli 2021. Buat para kolektor, benda ini jelas jadi koleksi berharga yang terlalu sayang untuk dilewatkan.(sam)

#Anime #Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan