Komik

Komik 'Superman' Edisi Pertama Laku Terjual Rp47,4 Miliar

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 12 April 2021
Komik 'Superman' Edisi Pertama Laku Terjual Rp47,4 Miliar
Komik debut penampilan perdana Superman laku terjual dengan harga fantastis. (Foto: Metropolis Collectibles)

BENDA koleksi memang biasanya bernilai sangat mahal. Apalagi jika jumlahnya tidak banyak dan sudah sangat langka. Membuat kolektor tak segan merogoh kocek yang besar demi bisa memilikinya.

Baru-baru ini, ada sebuah benda koleksi yang sukses bikin heboh. Salinan Action Comic edisi pertama baru saja terjual seharga US$3,25 juta atau kurang lebih setara dengan Rp47,4 miliar.

Bukan tanpa alasan. Ternyata komik ini menandakan kemunculan debut pertama Superman di buku. Makanya enggak heran kalau benda ini langsung jadi incaran.

Baca juga:

'Sangsaka Lima', Komik Basket Pertama Indonesia Mengisahkan Tim SMA Merah Putih

Komik 'Superman' Edisi Pertama Laku Terjual Rp47,4 Miliar
Komik Action Comics edisi pertama laku terjual Rp47,4 miliar. (Foto: ComicConnect)

Berdasarkan laporan laman CBR, buku bergambar itu dilelang oleh perusahaan ComicConnect pada Selasa (6/4). Dalam pernyataannya, ComicConnect menyebutkan bahwa salinan ini pertama kali ditemukan di tumpukan majalah pada tahun 1980an.

Ketika dipublikasikan pertama kali pada 1983, Action Comics #1 hanya dijual seharga 10 sen saja. Kini, komik tersebut jadi buku komik termahal sepanjang sejarah.

Ceritanya berkisah tentang reporter Clark Kent dan alter ego-nya yang bertenaga super dari planet Kyrpton yang jauh. Komik ini juga menceritakan bagaimana Superman datang ke Bumi dan menjadi Clark Kent.

Kala itu, Action Comics #1 dicetak hingga ratusan ribu eksemplar, namun seiring berjalannya waktu, komik yang masih bertahan diperkirakan tak lebih dari 100 salinan di seluruh dunia.

Lebih lanjut, dari 100 kopi yang ada, tidak semuanya dalam kondisi yang bagus. Langka banget, makanya harga yang dipatok sangat fantastis.

Komik 'Superman' Edisi Pertama Laku Terjual Rp47,4 Miliar
Selain karena jumlahnya sedikit, isi cerita buku komik ini sangat penting sebagai cikal bakal genre pahlawan super. (Foto: ComicConnect)

Selain dari segi jumlahnya yang sudah tak banyak, isi cerita komik ini juga jadi salah satu alasan mengapa harganya bisa selangit. Co-founder dan Kepala Operasi ComicConnect, Vincent Zurzolo menyebutkan bahwa komik buatan Jerry Siegel dan Joe Shuster ini merupakan cikal-bakal genre pahlawan super.

"Ini adalah buku komik berusia 83 tahun dalam kondisi hampir murni yang meluncurkan seluruh genre pahlawan super yang merupakan bagian besar dari budaya populer kita," terangnya.

Zurzolo juga menambahkan bahwa jika bukan karena komik ini dan pengenalan karakter Superman, buku komik kemungkinan besar sudah mati beberapa dekade lalu.

Buku ini sebenarnya sudah berpindah tangan beberapa kali setelah pertama kali dijual seharga US$140 ribu (Rp2 miliar) pada 1990-an. Kemudian sempat dijual kembali seharga US$1,5 juta (Rp21,9 miliar) pada tahun 2010.

Lima tahun kemudian kembali laku terjual senilai US$1,75 juta (Rp25,5 miliar). Sebelum akhirnya terjual lagi lebih dari US$2 juta (Rp29,2 miliar) pada 2017.

Baca juga:

Komik Batman #1 Tahun 1940 Terjual Seharga 31 Miliar

Komik 'Superman' Edisi Pertama Laku Terjual Rp47,4 Miliar
Sebelumnya, pada 2014 dan 2011 salinan Action Comics lain juga pernah terjual dengan harga fantastis. (Foto: Twitter/@GWR)

Salinan lainnya juga pernah terjual dengan harga fantastis di eBay pada 2014. Buku itu terjual seharga US$3,2 juta (Rp46,7 miliar), sedikit lebih murah dibandingkan salinan yang baru saja terjual.

Kemudian pada 2011, Action Comics #1 lainnya dijual senilai US$2,1 juta (Rp30,6 miliar). Artinya harga komik langka tersebut semakin lama semakin bernilai.

"Sulit dipercaya bahwa komik anak-anak seharga 10 sen bisa menghasilkan uang sebanyak itu. Tapi itu Superman. Itu adalah sebuah hal yang ikonik," ucap dealer komik Stephen Fishler.

Oleh sebab itu, enggak heran kalau komik ini jadi buruan. Buku ini merupakan momen pertama kita bisa melihat wujud Superman, pahlawan legendaris yang bahkan masih populer hingga hari ini. (sam)

Baca juga:

Cara Gampang untuk Gambar Karakter Komik. Meski Kamu Tidak Jago Gambar

#Komik #Superman #Superhero
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan