Komik Edisi Pertama Marvel Dilelang Hingga Rp 17.8 Miliar Komik bisa sangat berharga dengan harga fantastis. (Unsplash/Lena Rose)

PENGGILA komik Marvel, jangan buru-buru membuang koleksimu. Jika kamu menyimpan dan merawartnya dengan baik, siapa tahu suatu saat koleksimu akan memiliki harga yang sangat fantastis.

Baru-baru ini, buku komik pertama yang diproduksi oleh Marvel, penerbit terkenal AS di balik Spider-Man, X-Men dan The Avengers, berhasil mengetok palu lelang dengan rekor fantastis USD 1,26 juta atau sekitar Rp 17.8 miliar, seperti dilansir dari laman Heritage Auctions.

Baca juga:

Rekomendasi Komik Karya Stan Lee yang Harus Dibaca Penggemar Marvel

Dengan hal itu, koleksi komik tersebut sekaligus jadi bukti sejarah, menurut Ed Jaster, wakil presiden senior rumah lelang. Ia juga mengatakan bahwa komik itu merupakan terbitan tahun 1939 dari Timely Comics, yang kemudian hingga kini berubah nama menjadi Marvel.

Komik Pertama Marvel Dilelang Hingga Rp 17.8 Miliar
Salinan Marvel Comics nomor satu tahun 1939 dianggap sebagai Big Bang dari Marvel Comics Superhero Universe (Foto: Heritage Auctions)

Komik tersebut dianggap sebagai kakek buyut dari semua komik Marvel yang ada saat ini. “Tanpanya kita tidak akan memiliki karakter dan cerita yang kita nikmati di komik dan film layar lebar hari ini," tambah Jaster.

Di bawah arahan penulis skenario Stan Lee, pada 1960-an Marvel menciptakan pahlawan super yang telah menjadi ikon saat ini. Dan akhirnya diadaptasi melalui sinema dan telah berhasil menaklukkan box office di seluruh dunia.

Baca juga:

Mengenal 7 Karakter Captain Marvel di Marvel Comic

Salinan pertama "Marvel Comics" ini dijual dalam kondisi sangat baik dan jauh di atas harga awal yang cuma 10 sen. Koleksi berharga ini pertama kali dibeli pada tahun 1939.

Kehadiran Spider-Man yang pertama kali muncul lewat "Amazing Fantasy # 15", posisinya harus tergeser ke posisi kedua dan harus mengakui keunggulan Marvel Comic. Pada tahun 2011, "Amazing Fantasy # 15” berhasil terjual seharga USD 1,1 juta atau sekitar Rp 15.5 miliar lewat proses lelang.

Gelar buku komik paling mahal dalam sejarah tetap dimiliki oleh "Action Comics" edisi pertama yang diterbitkan pada tahun 1938, di mana Superman melakukan debut pertamanya. Tahun 2014 komik tersebut berhasil terjual US $ 3,2 juta atau setara Rp 45 milyar lebih. (lgi)

Baca juga:

Momen di Avengers: Endgame yang Juga Ada di Komik


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH