Komet Lovejoy Muntahkan Alkohol

Fadhli Fadhli - Sabtu, 24 Oktober 2015
Komet Lovejoy Muntahkan Alkohol
Komet Lovejoy. (Foto: NASA)

MerahPutih Sains - Sebuah tim astronom internasional membuat penemuan mengejutkan baru-baru ini. Mereka menemukan bahwa komet Lovejoy memuntahkan campuran alkohol, gula dan 21 senyawa organik lainnya dalam kecepatan tinggi.

"Komet Lovejoy melepaskan banyak alkohol dalam setidaknya 500 botol anggur setiap detik selama aktivitas puncaknya," ucap Nicolas Biver dari Paris Observatory, mengatakan dalam sebuah pernyataan pers, seperti dikutip dari NASA.

Para astronom pertama kali melihat Lovejoy pada 2014. Tidak sulit untuk melihatnya karena komet Lovejoy merupakan komet terang yang melewati tata surya kita.

meskipun yang tidak sulit mengingat bahwa itu adalah salah satu komet terang selain Hale Bopp yang terakhir terlihat pada tahun 1997.

Ketika terbang mendekati matahari dan memutar balik pada bulan Januari, komet Lovejoy mengalami pemanasan dan mulai memuntahkan sebanyak 20 ton air dan senyawa lainnya per detik.

Selama komet Lovejoy masih dalam jangkauan Matahari, energi radiasi Matahari menyebabkan molekul komet bersinar pada frekuensi gelombang mikro yang spesifik. Astronom mampu melihat organik itu melalui teleskop 30 meter.

"Langkah berikutnya adalah untuk melihat apakah bahan organik yang ditemukan di komet berasal dari awan primordial yang membentuk tata surya atau jika terbuat nanti dalam piringan protoplanet yang mengelilingi matahari (bintang) muda," ujar Dominique Bockelée-Morvan dari observatorium Paris.

 

BACA JUGA:

  1. Kehidupan Bumi Dimulai 3,8 Miliar Tahun Lalu
  2. Spesies Baru Kura-Kura Raksasa Ditemukan
  3. Pencarian Mikroba di Samudra Atlantik
  4. Karberos, Satelit Kecil Pluto Akhirnya Terlihat
  5. Astronom Luncurkan Peta Astronomi Terbesar
#Komet Lovejoy
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan