Komentar Jubir KIK Terkait Pengunduran Diri Menpan RB Asman Abnur Juru Bicara Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Hasto Kristiyanto. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.com - Juru Bicara Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Hasto Kristiyanto turut memberikan komentar terkait pengunduran diri Menpan RB Asman Abnur dari kabinet kerja. Ia menilai hal itu merupakan pilihan politik yang baik.

Dia menilai, pengajuan tersebut bagian dari etika politik manakala partai politik yang mengusungnya memilih berseberangan dengan pemerintahan.

"Itu pilihan politik, saya pikir itu merupakan bagian dari etika politik yang baik ketika ada pilihan politik apalagi dalam pilpres yang berbeda kemudian mengajukan pengunduruan diri," kata Hasto kepada awak media di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/8).

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno mengatakan menerima surat pengunduran diri Menpan RB Asman Abnur. Selanjutnya, kata dia, kemungkinan akan ada reshuffle kabinet kerja untuk menggatikan posisi tersebut.

Menpan RB Asman Abnur

"Terkait dengan siapa yang mengganti kami serahkan semua karena itu hak prerogatif presiden," ucap Hasto.

Yang jelas, saran Sekjen PDIP itu, Menpan RB harus memiliki pemahaman yang baik terhadap reformasi birokrasi, terhadap proses efisiensi pemerintahan, dan mempunyai integritas. Sehingga mereka mengemban tugas menjadikan aparatur sipil negara betul-betul menjadi pelayan rakyat.

"Jangan sampai yang menjadi Menpan masih harus mendayagunakan dirinya sendiri," pungkasnya. (fdi)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH