Kombes Murbani, Peraih Pin Emas Kapolri Disanksi Demosi 1 Tahun Terkait Kasus Brigadir J

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 29 September 2022
Kombes Murbani, Peraih Pin Emas Kapolri Disanksi Demosi 1 Tahun Terkait Kasus Brigadir J
Ilustrasi polisi. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Satu per satu perwira Polisi mendapatkan ganjaran karena tak profesional dalam kasus kematian Brigadir J.

Kali ini, giliran Kombes Murbani Budi Pitono diberi sanksi usai menjalani sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) yang dilangsungkan pada hari Rabu (28/9). Ia dijatuhkan sanksi demosi.

Baca Juga:

Selain Kasus Brigadir J, Ini 3 Tugas Prioritas untuk Dituntaskan Polri Hingga Akhir Tahun

“Sanksi administratif yaitu mutasi demosi selama setahun semenjak dimutasikan ke Yamna,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Kamis (29/9).

Selain sanksi demosi satu tahun, Murbani juga dikenakan sanksi lain yaitu perilaku pelanggar dinyatakan sebagai perbuatan tercela dan diwajibkan meminta maaf.

“Kewajiban pelanggar untuk meminta maaf secara lisan dihadapan sidang KKEP atau secara tertulis kepada pimpinan Polri dan pihak yang dirugikan,” tutup Ramadhan.

Murbani merupakan eks Kabag Renmin Divpropam Polri. Sebelum bertugas di Divpropam Polri, Kombes Murbani sudah menjalankan beberapa jabatan yang terbilang bergengsi. Lulusan PTIK 2005 ini mengawali kariernya di Polda Jawa Barat.

Baca Juga:

AKP Idham Fadilah Disanksi Demosi 1 Tahun Terkait Perkara Brigadir J

Setelah itu ia dimutasi sebagai Kasatlantas Polrestabes Manado, Wakapolres Minahasa, dan Kapolresta Magelang. Selanjutnya, Kombes Murbani dimutasi sebagai Kapolresta Bandar Lampung, yaitu pada kurun 2016 sampai 2018.

Di Bandar Lampung, pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, ini menerima sejumlah penghargaan atas prestasinya mengatasi kejahatan jalanan, seperti jambret dan begal.

Prestasi tersebut diwujudkan dalam penghargaan Pin Emas Kapolri, sesuai Surat Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1962/XII/2018.

Lulusan AKPOL 1992 ini juga sukses mengamankan Pilkada 2018, membuat SIPS, Serve and Protect Integrated System, dan program keamanan digital di lingkungan Polresta Bandar Lampung. (Knu)

Baca Juga:

Polri Terima Memori Banding 4 Perwira yang Dipecat di Kasus Brigadir J

#Mabes Polri
Bagikan
Bagikan