Koleksi Gedung Modern yang Patut Kamu Kunjungi di Dubai Dubai menjadi kota yang paling modern saat ini. (Foto: Dubai Tourism)

DUBAI dikenal dengan visi yang luar biasa dan pencapaian arsitektur yang cemerlang. Sehingga enggak mengherankan apabila kota ini menjadi rumah bagi beberapa bangunan dan struktur yang menakjubkan. Jika kamu seorang penggemar desain-desain yang inspiratif, atau hanya sekadar mencari latar yang fantastis untuk liburan kamu. Ada banyak landmark Dubai yang harus kamu kunjungi.

Dubai menawarkan sejumlah menara tinggi dan struktur inovatif untuk dikunjungi. Sangat mudah untuk menemukan karya arsitektur yang benar-benar unik. Bagus juga untuk latar belakang foto yang instagramable.

Berikut ialah beberapa bangunan modern di Dubai yang harus kamu lihat langsung menurut keterangan pers yang diterima merahputih.com dari Dubai Tourism.


1. Dubai World Trade Center

dubai
Diresmikan di tahun 1979. (Foto: ResearchGate)

Gedung ini merupakan gedung pencakar langit pertama Dubai. Dubai World Trade Center memainkan peran penting dalam pertumbuhan perdagangan internasional untuk Timur Tengah. Sejak peresmiannya oleh Ratu Elizabeth pada tahun 1979. Bangunan berlantai 39 ini mungkin terlihat kerdil hari ini dibandingkan dengan menara lain di Sheikh Zayed Road.

Meskipun begitu, Dubai World Trade Center tetap merupakan kompleks terbesar yang dibangun khusus untuk acara dan pameran serta pusat pariwisata bisnis di wilayah tersebut. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Inggris John Harris dan juga merupakan bangunan yang bisa kamu lihat pada bagian belakang lembaran uang kertas AED 100.

2. Burj Khalifa

dubai
Menara ini menjadi ciri khas Dubai. (Foto: Dubai Tourism)

Menara tertinggi di dunia ini membutuhkan sedikit pengenalan. Setinggi lebih dari 828m dengan 162 lantai, bangunan ini merupakan fitur cakrawala kota yang enggak dapat dilewatkan. Menara ini dirancang oleh arsitek Amerika Adrian Smith di Skidmore, Owings & Merrill yang menyerupai Hymenocallis atau Spider Lily, sebuah bunga gurun regional.

Penggalian dimulai pada Januari 2004 dan enam tahun kemudian, Burj Khalifa dibuka pada Januari 2010. Pencahayaan Burj Khalifa sempurna melengkapi karakter bangunan sebagai struktur sederhana dan elegan. Muka bangunan dihantam oleh serangkaian stroboskop, yang dapat diprogram secara individual untuk mengejar menara atau kilau secara acak.

3. Etihad Museum

dubai
Gedung yang berfilosofi sebagai lambang pendirian UEA. (Foto: Dubai Tourism)

Museum seluas 2,5 hektar menceritakan kisah berdirinya Uni Emirat Arab, dan terletak di sebelah Union House. Yaitu ketika penandatanganan perjanjian pendirian UEA berlangsung pada tahun 1971. Dirancang oleh arsitek Kanada Moriyama dan Teshima, atap putih melengkung yang unik dari museum ini terinspirasi oleh bentuk konstitusi UEA. Bangunan ini juga dihiasi dengan tujuh kolom, yang melambangkan pena penandatanganan perjanjian.

4. Coca-Cola Arena

dubai
Arena untuk berbagai kepentingan hiburan dan olahraga. (Foto: Dubai Tourism)

Juga dikenal sebagai Dubai Arena, area ini merupakan arena dalam ruangan terbesar Dubai untuk acara musik, olahraga, dan hiburan yang akan dibuka pada Juni 2019. Arena ini terletak di City Walk dan menawarkan tempat duduk mangkuk dalam ruangan dengan pemandangan 360 derajat. Kapastitasnya mencapai 17.000 orang.

Dengan total luas lantai 3.870 meter persegi, lantai mangkuk arena 86m x 45m dapat diskalakan dengan sistem tempat duduk yang sepenuhnya retractable. Sehingga menyesuaikan acara dan kapasitas penonton.

Bagaimana sahabat Merah Putih, kira-kira bangunan mana nih yang paling keren? (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH