Smartphone
Kolaborasi Jio dan Google Hadirkan JioPhone Next Ponsel pintar dengan harga paling kompetitif di dunia. (Foto: Unsplash/Nordwood Themes)

KOLABORASI antara perusahaan teknologi India, Jio Platforms dengan Google berhasil menghadirkan ponsel yang diklaim sebagai smartphone dengan harga paling kompetitif di dunia. Sebelumnya, kerjasama antara Jio Platforms dan Google pertama kali diumumkan pada tahun lalu, setelah Google menginvestasikan USD 4,5 juta kepada Jio Platforms.

Harga smartphone yang kompetitif dan didukung dengan penawaran paket data yang terjangkau, dinilai sebagai hal penting di India. Sebab, kesenjangan digital masih cenderung tinggi di India.

Baca juga:

Ponsel Pintar Bisa Pantau Kadar Alkohol yang Dikonsumsi Orang

Upaya yang dilakukan Jio Platforms sejalan dengan keinginan Google untuk dapat menghadirkan sistem operasi Android di smartphone dengan harga menarik. Google melihat semakin banyaknya negara berkembang yang mulai beralih dan terbiasa dengan sistem daring. Oleh karena itu, Google harus memastikan layanannya dapat dijangkau oleh para pengguna di seluruh negara berkembang.

Dalam Annual General Meeting ke-44 Reliance Industries, JioPhone Next yang merupakan kolaborasi antara Jio Platforms dan Google diperkenalkan. (Foto: Youtube-Jio)

Langkah besar yang diambil Jio Platforms untuk menghasilkan smartphone dengan harga tersebut sempat diragukan. Masalahnya, sebagian besar perusahaan teknologi India lain yang juga menawarkan hal sama hampir gulung tikar karena kurangnya minat beli masyarakat.

Namun dari 2017 hingga kini, Jio Platforms berhasil bertahan. Kini Jio Platforms baru saja mengumumkan pada 10 September 2021 mendatang, JioPhone Next akan mulai dipasarkan di India sebelum nantinya akan dipasarkan ke negara lain.

Baca juga:

Samsung Siap Rilis 2 Ponsel 'Entry-level' Baru Awal 2021

Nantinya, JioPhone Next akan dioptimalkan dengan menerapkan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Jio Platforms dan Google dan disesuaikan untuk pasar India. Ponsel ini ditujukan untuk memungkinkan sekitar 300 juta masyarakat India yang masih menggunakan jaringan 2G agar dapat beralih ke jaringan 4G dan merasakan internet yang lebih cepat untuk pertama kalinya.

Tampilan JioPhone Next yang telah dilengkapi dengan fitur yang sesuai dengan konsumen di India. (Foto: Jio Platforms)

Tetapi hingga saat ini, Jio Platforms belum merilis harga pasti dari smartphone yang disebut sebagai “ultra-affordable 4G smartphone” ini. Dilansir Gadgets 360, dalam pengoperasiannya, pengguna JioPhone Next nantinya juga dapat mengakses Google Play Store dan Google Play Protect seperti smartphone Android pada umumnya.

Smartphone ini juga dilengkapi pula dengan fitur-fitur Google seperti Google assistant yang dapat digunakan untuk memutar musik hingga memeriksa saldo melalui aplikasi MyJio. Selain itu terdapat pula fitur automatic read aloud, off screen text language translation, smart camera with augmented reality filters, dan fitur lainnya.

Dalam menyempurnakan fungsi kamera belakang dari JioPhone Next yang telah dilengkapi dengan flash LED, Google telah bekerjasama dengan Snap untuk menyertakan Snapchat Lenses pada kamera JioPhone Next. (cit)

Baca juga:

Google Resmi Rilis Pixel 5, Cek Harga dan Spesifikasinya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cek, 3 Kebiasaan Umum yang Bikin Insecure
Hiburan & Gaya Hidup
Cek, 3 Kebiasaan Umum yang Bikin Insecure

Bisa merugikan kamu dan orang lain.

Qualcomm Memperluas Portofolio Komputasi dengan Snapdragon 7c Gen 2
Fun
Qualcomm Memperluas Portofolio Komputasi dengan Snapdragon 7c Gen 2

Prosesor ini merupakan platform entry-level generasi kedua dari terobosan Windows PC.

V BTS Diincar untuk Kembali Berakting dengan Bayaran Fantastis
ShowBiz
Chadwick Boseman & Viola Davis Tampil Memukau dalam Ma Rainey's Black Bottom
ShowBiz
Usai Luncurkan Gerai Dogbar,  Lawless Beranikan Diri Rambah Agroindustri
Fun
Usai Luncurkan Gerai Dogbar, Lawless Beranikan Diri Rambah Agroindustri

Lawless Dogbar baru saja diluncurkan pada 11 November 2020 kemarin.

‘Black Widow’ Dianggap Ketinggalan Zaman
ShowBiz
‘Black Widow’ Dianggap Ketinggalan Zaman

Black Widow masuk dalam fase keempat MCU.

Mattel Dikecam Karena Koleksi Barbie Olimpiade Tokyo 2020
Fun
Mattel Dikecam Karena Koleksi Barbie Olimpiade Tokyo 2020

Koleksi tersebut pertama kali diluncurkan pada Februari 2020 sebagai bagian dari perjanjian lisensi dengan Komite Olimpiade Internasional.

Google Siap Kucurkan Miliaran Dolar untuk Keamanan Siber AS
Fun
Google Siap Kucurkan Miliaran Dolar untuk Keamanan Siber AS

Sejumlah raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) yakni Apple, Google dan Microsoft, kabarnya berjanji untuk membantu meningkatkan keamanan siber AS

Eddie Van Halen Tutup Usia Karena Kanker Tenggorokan
ShowBiz
Eddie Van Halen Tutup Usia Karena Kanker Tenggorokan

Eddie menderita kanker tenggorokan sejak tahun 2000.

Serial Televisi Jagoan Negeri Aing Paling Eksis Era 90-an
Hiburan & Gaya Hidup
Serial Televisi Jagoan Negeri Aing Paling Eksis Era 90-an

Berikut beberapa jagoan paling ikonik di serial televisi bagi Generasi 90. Tak hanya aksi murid Sinto Gendeng tersebut. Dari anak kecil hingga orang dewasa pun