Smartphone
Kolaborasi Jio dan Google Hadirkan JioPhone Next Ponsel pintar dengan harga paling kompetitif di dunia. (Foto: Unsplash/Nordwood Themes)

KOLABORASI antara perusahaan teknologi India, Jio Platforms dengan Google berhasil menghadirkan ponsel yang diklaim sebagai smartphone dengan harga paling kompetitif di dunia. Sebelumnya, kerjasama antara Jio Platforms dan Google pertama kali diumumkan pada tahun lalu, setelah Google menginvestasikan USD 4,5 juta kepada Jio Platforms.

Harga smartphone yang kompetitif dan didukung dengan penawaran paket data yang terjangkau, dinilai sebagai hal penting di India. Sebab, kesenjangan digital masih cenderung tinggi di India.

Baca juga:

Ponsel Pintar Bisa Pantau Kadar Alkohol yang Dikonsumsi Orang

Upaya yang dilakukan Jio Platforms sejalan dengan keinginan Google untuk dapat menghadirkan sistem operasi Android di smartphone dengan harga menarik. Google melihat semakin banyaknya negara berkembang yang mulai beralih dan terbiasa dengan sistem daring. Oleh karena itu, Google harus memastikan layanannya dapat dijangkau oleh para pengguna di seluruh negara berkembang.

Dalam Annual General Meeting ke-44 Reliance Industries, JioPhone Next yang merupakan kolaborasi antara Jio Platforms dan Google diperkenalkan. (Foto: Youtube-Jio)

Langkah besar yang diambil Jio Platforms untuk menghasilkan smartphone dengan harga tersebut sempat diragukan. Masalahnya, sebagian besar perusahaan teknologi India lain yang juga menawarkan hal sama hampir gulung tikar karena kurangnya minat beli masyarakat.

Namun dari 2017 hingga kini, Jio Platforms berhasil bertahan. Kini Jio Platforms baru saja mengumumkan pada 10 September 2021 mendatang, JioPhone Next akan mulai dipasarkan di India sebelum nantinya akan dipasarkan ke negara lain.

Baca juga:

Samsung Siap Rilis 2 Ponsel 'Entry-level' Baru Awal 2021

Nantinya, JioPhone Next akan dioptimalkan dengan menerapkan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Jio Platforms dan Google dan disesuaikan untuk pasar India. Ponsel ini ditujukan untuk memungkinkan sekitar 300 juta masyarakat India yang masih menggunakan jaringan 2G agar dapat beralih ke jaringan 4G dan merasakan internet yang lebih cepat untuk pertama kalinya.

Tampilan JioPhone Next yang telah dilengkapi dengan fitur yang sesuai dengan konsumen di India. (Foto: Jio Platforms)

Tetapi hingga saat ini, Jio Platforms belum merilis harga pasti dari smartphone yang disebut sebagai “ultra-affordable 4G smartphone” ini. Dilansir Gadgets 360, dalam pengoperasiannya, pengguna JioPhone Next nantinya juga dapat mengakses Google Play Store dan Google Play Protect seperti smartphone Android pada umumnya.

Smartphone ini juga dilengkapi pula dengan fitur-fitur Google seperti Google assistant yang dapat digunakan untuk memutar musik hingga memeriksa saldo melalui aplikasi MyJio. Selain itu terdapat pula fitur automatic read aloud, off screen text language translation, smart camera with augmented reality filters, dan fitur lainnya.

Dalam menyempurnakan fungsi kamera belakang dari JioPhone Next yang telah dilengkapi dengan flash LED, Google telah bekerjasama dengan Snap untuk menyertakan Snapchat Lenses pada kamera JioPhone Next. (cit)

Baca juga:

Google Resmi Rilis Pixel 5, Cek Harga dan Spesifikasinya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Menghirup Abu Vulkanis
Fun
Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Menghirup Abu Vulkanis

Abu vulkanis memengaruhi kondisi kesehatan.

Pengunjuk Rasa Ditangkap saat Catwalk Louis Vuitton
Fashion
Pengunjuk Rasa Ditangkap saat Catwalk Louis Vuitton

Untungnya tidak menghalangi jalannya catwalk Louis Vuitton.

Kalau Pernah Kena COVID-19, Bisa Menularkan ke Kucing
Fun
Kalau Pernah Kena COVID-19, Bisa Menularkan ke Kucing

kucing tidak dapat menularkan virus COVID-19 kepada manusia secara langsung.

Final Turknesia Writing & Photography Competition 2021: Berhadiah Beasiswa di Turki!
Fun
Final Turknesia Writing & Photography Competition 2021: Berhadiah Beasiswa di Turki!

Acara ini diselenggarakan guna mengasah kemampuan para muda-mudi berprestasi untuk membuat sebuah karya tulis.

Mengenal Wakaf Tunai melalui Asuransi Syariah
Hiburan & Gaya Hidup
Mengenal Wakaf Tunai melalui Asuransi Syariah

Allianz Life Syariah telah meluncurkan fitur wakaf pada produk asuransi jiwa unit link AlliSya Protection Plus sejak 2019.

Apa Saja Minuman yang Bisa Dikonsumsi Tanpa Memecahkan 'Intermittent Fasting'?
Fun
Goodnight Electric TAMAT
ShowBiz
Goodnight Electric TAMAT

Single yang merupakan materi untuk album baru ini diisi seluruh vokalnya oleh Priscilla Jamail.

Serial Terbatas 'Black Superman' akan Rilis di HBO Max
ShowBiz
Serial Terbatas 'Black Superman' akan Rilis di HBO Max

Cerita Black Superman berpusat pada perwujudan Val-Zod

'Fortnite' Segera Kembali ke App Store?
Fun
'Fortnite' Segera Kembali ke App Store?

Fortnite versi mobile menghilang akibat perselisihan pengembang game, Apple, dan Google.

Penting, Membangun Pariwisata Terintegrasi Transportasi
Travel