Kolaborasi dengan Hyundai, Gibran Pilih Batik Kawung untuk Dirilis Agustus 2023

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 13 Juni 2023
Kolaborasi dengan Hyundai, Gibran Pilih Batik Kawung untuk Dirilis Agustus 2023
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akhirnya membocorkan jika batik kawung khas Solo dipilih menjadi Desain Hyundai Ioniq 5. Hal itu bagian dari kerjasama Pemkot Solo dengan Hyundai, dalam rangka memperingati 50 Tahun hubungan Indonesia-Korsel.

“Waktu saya di Korea kami putuskan motifnya adalah batik kawung untuk dijadikan desain Hyundai Ioniq 5," kata Gibran, Selasa (13/6).

Baca Juga:

Gibran Sarankan Kaesang Minta Restu Warga Depok

Namun demikian, ia belum bisa ngasih foto prototipe, karena masih disimpan di pabrik Hyundai Motor Company.


Dia mengklaim desain batik kawung untuk Hyundai bagus. Gibran mendorong desain batik itu untuk produksi massal untuk produk Hyundai merek Creta, Staria, Ioniq, dan Hyundai Stargazer.


"Kami diberitahu produksi Hyundai Ioniq 5 dengan batik kawung terbatas hanya diproduksi 100 unit," kata dia.


Gibran menambahkan Hyundai Ioniq 5 dengan motif batik kawung akan dirilis Agustus 2023. Kolaborasi itu merupakan bagian dari perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia.


Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan KBRI Seoul, Hyundai, dan Pemkot Solo melakukan kerjasama industri kreatif dan industri otomotif dalam rangka perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel. Kolaborasi itu adalah Batik of Ionic 5.

Baca Juga:

Jokowi Cawe-cawe di Pemilu 2024, Gibran: Kok Tanya Saya

"Batik sangat populer di setiap generasi di Indonesia dan diakui UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi sejak 2009. Jadi kita angkat pamir batik ke Korea," kata Gandi dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/6).


Dikatakannya, batik dikenal dengan produk kain tradisional Indonesia. Banyak orang mengenal batik dari Kota Solo. KBRI Seoul, Hyundai, dan Pemkot akan mengenalkan batik dalam bentuk yang baru.


“Batik sangat terkenal di Indonesia. Sedangkan Korea Selatan dikenal terdepan dengan industri otomotifnya khususnya kendaraan listrik. Jadi kita jalin kerjasama," kata dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Polresta Surakarta Gandeng Polda Jateng Selidiki Kasus Penghinaan Istri Gibran

#Batik #Wali Kota Solo #Gibran Rakabuming #Hyundai
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan