Bisnis

Kolaborasi Bawa Indonesian Basketball League ke Metamesta

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 13 Januari 2023
Kolaborasi Bawa Indonesian Basketball League ke Metamesta
Indonesian Basketball League (IBL) dan jagat.io berkolaborasi untuk bisa mempromosikan olahraga basket ke kaum muda di era digital, terutama Gen Z dan Gen Alpha. (Foto: dok. IBL)

AWAL 2023 mengawali babak baru di dunia olahraga Indonesia.Liga Bola Basket Indonesia atau Indonesian Basketball League (IBL) berkolaborasi bersama Jagat.io membawa liga bola basket tertinggi nasional tersebut ke metaverse (metamesta).

Jagat.io merupakan platform penyedia media sosial format metamesta yang diluncurkan tahun lalu dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Kemitraan terbaru mereka dengan IBL akan mempromosikan olahraga basket ke kaum muda pada era digital, terutama Gen Z dan Gen Alpha.

Dua belah pihak menilai bila bola basket masuk ke metamesta akan sangat menarik karena masih tergolong baru dan menjanjikan pengalaman yang berbeda.

“Saya yakin dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, bola basket Indonesia akan semakin berkembang dan dikenal masyarakat Indonesia. Apalagi demam atau booming basket masih terus berlanjut dan Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Baca juga:

Personal Motion Tracking Avatar 3D Garapan Sony untuk Metaverse

metamesta basket
Mempromosikan olahraga basket ke kaum muda pada era digital, terutama Gen Z dan Gen Alpha. (Pexels/Markus Spiske)

Kehadiran IBL di metamesta Jagat.io juga turut memeriahkan IBL Musim 2023. Di tahap awal, Jagat.io akan menghadirkan kreasi lapangan basket di metamesta, lalu membuat kostum basket yang dirancang unik dengan karakteristik khas IBL.

Pendekatan IBL memupuk fanbase basket Indonesia melalui metamesta ini sangat progresif, sejalan dengan energi yang ingin diraih oleh Jagat.io. "Terlebih Jagat.io sebagai platform sosial juga memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan fans basket Indonesia dalam berkomunitas,” tutur CEO dan Co-founder Jagat.io, Barry Beagen.

Baca juga:

Tampil Memukau dengan Makeup dan Hairstyle Pilihan di Dunia Metaverse

metamesta basket
IBL masuk ke dunia metamesta akan menarik minat di industri lain berbuat hal serupa. (Pexels/King Siberia)

“Pengguna Jagat.io memiliki antusiasme yang tinggi dalam bidang olahraga, seperti bagaimana terlihat pada ajang Piala Dunia 2022, banyak yang berkomunitas secara organik,” tambahnya.

Menurut Barry, antusiasme IBL masuk ke dunia metamesta akan menarik minat di industri lain berbuat hal serupa. Ujungnya, ini akan mendorong dunia metamesta dilihat sebagai hal yang benar-benar menarik bagi siapapun, termasuk brand yang ingin menjangkau generasi muda pada era digital.

Ragam bentuk kolaborasi IBL dan metamesta Jagat.io akan terus dieksplorasi secara bertahap. Kehadiran lapangan basket dan jersey basket ala IBL di metamesta dapat diakses publik mulai 12 Januari 2023 melalui desktop dan mobile app Jagat.io. (dgs)

Baca juga:

Teknologi Metaverse Indonesia Bersaing di Kancah Internasional

#Indonesian Basketball League #Bola Basket
Bagikan
Bagikan