Film
Kolaborasi Antar Festival Internasional di Tengah Pandemi Minikino sudah berkolaborasi dengan festival film pendek internasional sejak September 2020. (Foto: Istimewa)

MINIKINO melanjutkan kolaborasi dengan beberapa festival film internasional. Kolaborasi ini sudah terlaksana saat Minikino Film Week edisi keenam (MFW6) September 2020 lalu.

Kolaborasi kali ini bersama dengan Toronto Reel Asian International Film Festival di Kanada dan Documentary Dream Center, Yamagata International Documentary Film Festival di Jepang.

Baca juga:

Film Dokumenter 'Sejauh Kumelangkah' Hadir dalam Versi Inklusif

Pada MFW6 lalu festival Reel Asian diwakili oleh programmer film pendek Kelly Lui yang hadir secara virtual dalam Forum Why Film Festival Matters Beyond 2020. Kemudian giliran Minikino yang mendapat kehormatan dalam festival film pan-Asia terbesar di Kanada tersebut.

Komepetisi film pendek Reel Asian Film Festival. (Foto: Istimewa)

Minikino yang diwakili oleh Direktur Program Fransiska Prihadi dilibatkan menjadi juri kompetisi film pendek dalam Reel Asian 24 pada 12-19 November 2020. Fransiska duduk dalam susunan dewan juri bersama Mandeq Hassan (distribusi film Sisterhood Media) dan Ammar Keshodia (filmmaker, kurator, penulis).

Berbagai kategori penghargaan film pendek telah diumumkan pada hari kedua pelaksanaan Reel Asian 24, yakni 13 November 2020 lalu. Reel Asian merupakan salah satu festival terpandang di Kanada, menampilkan sinema kontemporer Asia hasil karya diaspora Asia dari seluruh dunia. Diinisiasi sejak 1997, Reel Asian memberi ruang apresiasi dan representasi Asia melalui seni media.

2020 merupakan pertama kalinya seluruh program, sampai pengumuman pemenang akan bisa diakses online. Akses ini dibuka untuk seluruh Kanada. Festival film ini juga bersifat inklusif dengan memberi akses pada orang tuli. Live event Reel Asian disiarkan dilengkapi dengan American Sign Language (ASL).

Baca juga:

Minikino Film Week 6 Tetap Berkarya Dengan Inovasi di Tengah Pandemi

"Dalam mengalihkan festival fisik ke daring, kami berfokus pada upaya membawa semangat komunitas yang kuat agar para penonton masih dapat terhubung dengan karya film, penyelenggara, dan dengan satu sama lain," ujar Deanna Wong, Direktur Eksekutif Reel Asian sebagaimana tertulis di berita pers yang diterima merahputih.com.

Direktur Program Minikino Fransiska Prihadi mengungkapkan keterlibatan Minikino dalam festival pan-Asian terbesar di Kanada ini adalah hal yang sangat signifikan. "Kerjasama dengan Reel Asian memperluas dan memperkuat jaringan kerja yang sudah ada," ujar Fransiska.

Kolaborasi dengan Yamagata International Documentary Film Festival akhirnya terwujud. (Foto: Istimewa)

Kolaborasi Minikino lainnya juga diluncurkan November. Rencana semula September 2020 di Bali dan Februari 2021 di Yamagata akhirnya terwujud. Hal ini karena perkembangan situasi pandemi yang tak terduga, sehingga jadwal mengalami penyesuaian. Kolaborasi ini merupakan program pertukaran pembuat film Jepang dan Indonesia, bekerja sama dengan Documentary Dream Center, Yamagata International Documentary Film Festival.

Program Yamagata Documentary Dojo 3 ialah program residensi khusus pembuat film yang akan dilaksanakan pada 2 Februari sampai dengan 3 Maret 2021 di Hijiori, Yamagata (Jepang). Saat residensi, para pembuat film yang terpilih akan diarahkan untuk fokus pada proyek film mereka dengan bimbingan mentor-mentor profesional.

Proses seleksi untuk memanggil para pembuat film dokumenter di Jepang dan seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia, untuk mendaftarkan diri mengikuti Yamagata Documentary Dojo telah dibuka mulai 10 November hingga 8 Desember 2020 melalui halaman https://minikino.org/air.

Namun, program ini dapat berubah menjadi kegiatan daring apabila Desember 2020 masih terjadi larangan perjalanan ke Jepang karena pandemi. "Mengingat perkembangan situasi kesehatan, kami tidak akan ragu untuk mengadopsi perubahan dalam program," papar Asako Fujioka, Direktur Documentary Dream Center. (ikh)

Baca juga:

Minikino Antar Film Pendek Indonesia ke Selandia Baru

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ratu Elizabeth II akan Duduk Sendirian saat Pemakaman Pangeran Philip
ShowBiz
Ratu Elizabeth II akan Duduk Sendirian saat Pemakaman Pangeran Philip

Orang yang menghadiri pemakaman harus berjarak setidaknya 2 meter dari siapa pun yang tidak serumah.

Benarkah Vaksin Ketiga Memiliki Efek yang Lebih Besar?
Fun
Benarkah Vaksin Ketiga Memiliki Efek yang Lebih Besar?

Kemenkes mengatakan, vaksinasi dosis ketiga diharapkan bisa memproteksi para nakes.

Cek lagi, ini Karakter Zodiakmu yang Sering Terabaikan (2)
Fun
Cek lagi, ini Karakter Zodiakmu yang Sering Terabaikan (2)

Terlihat baik, tapi malah punya sisi agresif.

Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19
Fun
Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19

Epigallo ada pada suplemen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Sky Rojo, Serial Netflix Terbaru Garapan Kreator Money Heist
ShowBiz
Anabul Tidak Boleh Makan BBQ?
Fun
Anabul Tidak Boleh Makan BBQ?

Banyak zat yang terkandung di dalamnya justru berbahaya bagi kesehatan anjing.

Begini Cara Tepat Mencapai Financial Fit
Fun
Begini Cara Tepat Mencapai Financial Fit

Banyak yang harus dipersiapkan untuk mencapai financialy fit.

Istana Buckingham akan Ambil Langkah Serius Atas Tuduhan Rasialisme
ShowBiz
Istana Buckingham akan Ambil Langkah Serius Atas Tuduhan Rasialisme

Istana Buckingham mengatakan Sussex akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai.

Google Tindak 3 Aplikasi Android Populer yang Langgar Privasi Anak
Fun
Google Tindak 3 Aplikasi Android Populer yang Langgar Privasi Anak

Sejumlah aplikasi Android populer ditindak tegas oleh Google karena dianggap melanggar privasi anak-anak.

Minta Maaf ke Mantan Ketika Lebaran Biar Enggak Baper, Siapkan 5 Hal Berikut
Hiburan & Gaya Hidup