Koktil, Anda Tahu Darimana Asal Usulnya? Koktil memiliki beragam asal usul termasuk ramuannya. (Foto: amorettiblog)

KOKTIL merupakan ramuan minuman beralkohol yang disajikan dengan berbagai cara berbeda. Mengocok, mengaduk, bahkan bentuk gelas sangat mempengaruhi kenikmatan segelas koktil. Begitu juga dengan merk minuman kerasnya tak dapat digantikan dengan merk lainnya walaupun berjenis sama.

Apakah Anda tahu asal usul koktil yang ada di klub atau bar favorit Anda?

(Foto: liquor)

Martini

Jika Anda menonton film James ‘007’ Bond, ia selalu meminta pada bartender dibuatkan Martini. Dialognya yang terkenal tentang minuman ini adalah: ‘stirred not shaken’. Memang betul koktil Martini pembuatannya adalah diaduk bukan dikocok. Martini merupakan campuran antara jenis minuman gin dan vermouth dengan perbandingan gin lebih banyak. Asal usul koktil ini tidak jelas namun ada yang percaya bahwa dibuat oleh Martini dan Rossi pembuat Vermouth.

(Foto: seriuosseat)

Bloody Mary

Koktil ini sangat terkenal di kalangan penikmat alkohol. Dasar dari pembuatan koktil ini adalah vodka dicampur dengan jus tomat, sehingga menghasilkan warna merah. Namun belakangan sebagian orang menggantikan vodka dengan gin. Kemudian bartender bebas menambahkan bahan-bahan lainnya yang dirasa cocok untuk koktil ini seperti tabasco, ketimun atau citrus. Konon koktil ini ada untuk mengenang Ratu Mary yang terkenal dengan kebrutalannya oleh seorang pemiliki bar di awal abad 20.

(Foto: cdkitchen)

Es Teh Long Island

Namanya umum hanya es teh namun dicampurkan dengan vodka, gin, tequila, rum, triple curacao dan sedikit coke menghasilkan Es Teh Long Island. Koktil ini tercipta dari tangan seorang bartender bernama Rosebud Butt sekitar pertengahan tahun 1970-an.

(Foto: amorettiblog)

Cosmopolitan

Koktil ini menjadi salah satu pemeran yang sering hadir dalam serial Sex and the City. Selalu dipesan oleh para perempuan karena sangat feminin. Koktil ini merupakan campuran dari vodka, jus cranberry, jus lime dan triple curacao, kemudian dikocok sampai mendingin, baru dituangkan ke gelas dan disajikan dengan potongan jeruk.

(Foto: havana60)

Mojito

Campurannya sangat sederhana seperti rum, gula dan soda bisa ditambahkan citrus. Konon diciptakan di Kuba kemudian menyebar ke Florida karena banyak orang-orang Kuba disana. Minuman ini populer di kalangan pelaut karena kekurangan vitamin C.

(Foto: ndtv)

Screwdriver

Koktil ini biasanya disuka oleh para peminum muda yang baru bereksperimen. Ramuannya serba manis, vodkanya pun diambil yang memiliki rasa. Nama screwdriver diambil dari termos ulir yang dibawa oleh para pekerja kantoran. Mereka memasukan ramuan minuman ini dalam termosnya untuk dinikmati sepanjang hari kerjanya. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH