Kodim Gorontalo Terjunkan Tim Pantau Lokasi Gempa Ilustrasi. (Foto: istimewa)

MerahPutih - Kodim Gorontalo menurunkan tim untuk memantau lokasi gempa di Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Dandim 1304 Gorontalo Letnan Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki mengatakan berdasarkan laporan sementara dari Koramil, kondisi masyarakat dan kedua wilayah tersebut setelah gempa masih dalam keadaan aman

"Belum ada laporan kerugian, namun saya masih menunggu lebih lanjut laporan dari semua jajaran Kodim di seluruh wilayah Gorontalo, terutama di wilayah pesisir," ujar Dadang di Gorontalo, Sabtu (15/7).

Dandim juga meminta para personelnya untuk turun membantu masyarakat yang membutuhkan saat mengalami kesulitan pascagempa.

Pihaknya juga menyiagakan personelnya bila ada laporan kerusakan akibat gempa, serta terus berkoordinasi dengan instansi terkait.

Sebelumnya Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Moch. Riyadi dalam rilis BMKG menyebutkan gempa tekntonik 5,9 SR yang terjadi di Gorontalo merupakan jenis gempq menengah akibat aktivitas subduksi Laut Sulawesi.

Hingga pukul 19.28 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Gempa terjadi pada Sabtu, 15 Juli 2017 pukul 19.12.21 WIB.

Hasil analisis terkini BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan 5,9 SR.

Episenter terletak pada koordinat pada 0,45 LU dan 122,07 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 111 km arah barat daya Gorontalo pada kedalaman 115 km. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH