Kodam Jaya Siaga di Glodok, Kota Tua dan PIK Saat Pencoblosan, Ada Apa? Kodam Jaya melakukan gelar pasukan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat dengan dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono. Foto: MP/Kanugrahan

MerahPutih.com - Kodam Jaya menaruh sejumlah personelnya di beberapa titik strategis untuk melakukan pengamanan Pemilu yang berlangsung, Rabu (17/4) esok. Di antaranya kawasan Glodok, Jakarta Kota Tua hingga Pantai Indah Kapuk (PIK).

"Prajurit itu dalam rangka pelaksanaan pemilu itu pengamanan berlapis. Obyek vital, instalasi," kata Kapendam Jaya Kolonel (Inf) Kristomei Sianturi kepada MerahPutih.com di Jakarta, Selasa (16/4).

Menurut Kristomei, kegiatan pengamanan itu untuk mensukseskan pencoblosan Pemilu 2019 yang digelar besok. "Semua titik yang anggap vital ditepampatkan personel. Ada 65 ribu sekian TPS yang ditempatkan. Nanti mereka sifatnya stand by," tegas dia.

Kapendam Jaya Kolonel (Inf) Kristomei Sianturi mengatakan, Kodam Jaya mengerahkan 7.454 personel yang mengikuti gelar pasukan
Kodam Jaya melakukan gelar pasukan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019 di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat dengan dipimpin Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono. Foto: MP/Kanugrahan

Kristomei menjelaskan, saat melakukan pengamanan di pemukiman atau kawasan perumahan, tentara tak hanya duduk-duduk saja. "Mereka melakukan patroli gabungan dialogis. Seperti mengajak masyarakat ke TPS. Dan berdialog soal keluhan warga selama ini," tutur dia.

Saat ditanya soal kawasan khusus yang menjadi lokasi pengamanan, Kristomei menilai hal itu murni untuk pengamanan. "Jadi yang mana mana dianggap penting kami amankan jika dianggap penting," terang dia.

Dari Kodam Jaya ada 7.454 personel yang mengikuti gelar pasukan. Sementara ada 7.668 personel BKO (bantuan). Rinciannya dari TNI AD, Kostrad, Kodiklar, Kopasus, hingga Marinir. (Knu)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH