Kocak, Cathay Pacific Jual Tiket First Class dan Bisnis dengan Harga Ekonomi Para crew dan pesawat Cathay Pacific (Foto: cathaypacific.com)

MerahPutih.Com - Maskapai Cathay Pacific Airways mengalami beberapa waktu lalu gangguan sistem ticketing yang aneh. Raksasa penerbangan Asia itu secara tak sengaja menjual tiket first class dan bisnis dengan harga kelas ekonomi.

Kekeliruan tersebut tentu saja menguntungkan para konsumennya yang telanjur mendapatkan 'tiket bonus'. Setelah menyadari kesalahannya, maskapai yang berbasis di Hong Kong itu menyatakan tidak akan menarik kembali atau menerapkan harga tambahan kepada penumpangnya.

Cathay Pacific Airways akan menjamin penerbangan di kelas first class dan bisnis yang terjual akibat salah harga di situs mereka beberapa waktu lalu.

"Kami melakukan kesalahan tapi kami tetap menanti Anda di pesawat dengan tiket tersebut. Semoga 2019 Anda berkesan," kata Cathay Pacific melalaui akun Twitter mereka.

Pesawat Cathay Pacific
Pesawat Cathay Pacific (Foto: cathaypacific.com)

Sebagaimana dilansir Antara dari Reuters, Kamis (3/1), menyebutkan tiket pulang pergi Vietnam ke New York terjual seharga 675 dolar (sekitar Rp9,8 juta), jauh dari harga normal 16.000 dolar (sekitar Rp231,6 juta) karena kesalahan tersebut.

Cathay Pacific, sambil menggunakan tanda pagar "Promisemadepromisekept" dan "lessonlearnt" menyatakan harga kelas ekonomi berlaku untuk tiket yang telah terjual tersebut. Saat ini harga tersebut sudah tidak ada di situs Cathay Pacific.

Kesalahan harga tiket ini sempat diperbincangkan di blog dan forum mengenai penerbangan, mereka bertaruh apakah Cathay Pacific akan mempertahankan harga murah tersebut.

Kesalahan harga tiket ini diperkirakan akan menjadikan pukulan berat tambahan bagi Cathay Pacific. Oktober lalu, Cathay Pacific dikritik karena data pribadi sekitar 9,4 juta pengguna mereka bocor.

Mereka baru menyadari peretasan tersebut tujuh bulan setelah kejadian. Maskapai tersebut mengaku mereka menghadbiskan 127,7 juta dolar untuk infrastruktur TIK dan keamanan selama tiga tahun belakangan.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Hoaks Tujuh Kontainer Surat Suara, Begini Reaksi Presiden Jokowi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH