Kobe Bryant Meninggal Dunia, Barack Obama: Dia Legenda Barack Obama dan Michelle Obama. Foto: Twitter @MichelleObama

MerahPutih.com - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama turut berduka cita atas meninggalnya legenda NBA, Kobe Bryant di Calabasas, California, Minggu (26/1) waktu setempat.

"Kobe adalah legenda di lapangan," tulis Obama di akun Twitternya, @BarackObama, Senin (27/1).

Baca Juga

Kobe Bryant, The Black Mamba yang Melegenda

Obama menyebut Kobe Bryant baru saja memulai kehidupan barunya. Ia juga mengatakan bahwa kehilangan Gianna adalah kejadian yang sangat memilukan bagi orang tua.

"Michelle dan saya mengirimkan cinta dan doa kepada Vanessa dan seluruh keluarga Bryant pada hari yang tidak terpikirkan," lanjutnya.

Kepergian Kobe Bryant dan anaknya Gianna dalam kecelakaan helikopter meninggalkan kesedihan bagi istrinya, Vannesa Bryant dan juga ketiga anak perempuannya, Natalia, Biangka, dan Capri Bryant yang baru saja berusia tujuh bulan.

Dalam dunia bola basket, nama Kobe Bryant adalah legenda. Pria kelahiran 23 Agustus 1978, di Philadelphia, Pennsylvania itu adalah anak dari mantan pemain NBA bernama, Joe Byant. Dia berkarier di klub bola basket ternama LA Lakerrs. Namanya sudah tercatat sebagai pemain profesional di National Basket Association (NBA) selama 20 tahun.

Baca Juga

Mengenang Tinta Emas Kobe Bryant di Basket

Dia mengawali karier bola basketnya dalam tim bola basket sekolahnya, Lower Merion High Scihool Basketball Team pada tahun 1991. Bersama timnya itu klubnya ini berhasil menjadi juara dalam kompetisi internasional selama empat tahun berturut-turut.

Kobe cemerlang pada dua sisi, baik di lapangan basket dan akademik., Dilansir dari Biography, langkah Kobe Bryant di dunia profesional bola basket berawal dari klub Charlotte Hornets yang bermarkas di Charlotte, California Utara. Dari klub itu, Kobe kemudian dikontrak bermain untuk klub bergengsi Los Angeles Lakers pada tahun 1996.

Debut Kobe Bryant pada Lakers dimulai di Summer Pro League, Long Beach, California, dia berhasil mencetak 25 poin pada pertandingan tersebut dan mencetak 36 poin saat final. Performanya yang membuat orang berdecak kagum, terutama bagi pelatih Lakers, Del Haris dan West. Sepak terjangnya ini membuatnya terpilih sebagai All-Star Game pada 1998, dia menjadi All-Star termuda dalam sejarah NBA.

Bryant
Kobe Bryant

Nama Kobe Bryant kemudian mendapatkan popularitas yang luas. Tentunya kemudian dia mendapatkan sponsor dari berbagai brand ternama. Sebut saja adidas dan Sprite pada 2002-2004. Ketika Shaq O’Neill memutuskan keluar dari Lakers di tahun 2014, seolah memuluskan jalannya di dunia bola basket. Seperti ketika melawan Toronto Raptors, berhasil mencetak 81 poin. Kobe membawa Lakers menjadi juara NBA selama tiga tahun berturut-turut.

Baca Juga

Kobe Bryant dan Anak Perempuannya Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

Meskipun Kobe Bryant tidak pernah berhenti membuat semua orang kagum, pada pertengahan 2015, dia menyatakan pensiun dari kerasnya persaingan kompetisi bola basket dunia. Sepanjang kariernya, Kobe Bryant berhasil mendapatkan gelar MVP NBA sebanyak dua kali.

Setelah pensiun dari dunia Basket, Kobe Bryant sempat bermain film pendek animasi berjudul Dear Basketball. Film ini berhasil memenangkan Oscar pada 2018 silam. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH