Koalisi Tiga Partai Ini Diprediksi Awet Hingga 2019

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 01 Januari 2018
Koalisi Tiga Partai Ini Diprediksi Awet Hingga 2019
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman (kanan), Ketua Majelis Suro PKS Salim Segaf Aljufri (kedua kanan), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kedua kiri).

MerahPutih.com - Persaingan politik 2018 semakin terlihat memanas. Setelah mengumumkan paket calon kepala daerah yang bakal diusung, parpol kini bersiap-siap melakukan pendaftaran dan kampanye.

Faksi politik pun semakin kelihatan usai pengumuman pasangan calon. Menariknya, ada faksi politik yang terlihat kokoh sejak Pilpres 2014 hingga Pilkada DKI Jakarta berlalu, faksi tersebut adalah Gerindra, PKS, dan PAN.

Menurut pengamat politik Adi Prayitno, faksi ini bakal berulang di Pilkada 2018 dan kemungkinan hingga Pilpres 2019.

"Bukan sekadar ingin mengulang sukses Pilkada Jakarta 2016 lalu, faksi Gerindra, PKS, dan PAN ini mesti dibaca sebagai upaya menjajal kemungkinan koalisi menghadapi Pilpres 2019," kata Adi kepada awak media, di Jakarta, Senin (1/1).

Buktinya, kata Direktur Parameter Politik Indonesia ini, faksi Gerindra, PKS, dan PAN sudah sepakat mengusung 5 pasangan calon di Pilkada 2018 mendatang.

Menurutnya, ini langkah awal sebagai pemanasan menuju pilpres mendatang.

"Yang dilakukan Gerindra, PKS, PAN solid di 5 pilkada, karena pilkada kali ini adalah pemanasan menghadapi Pilpres 2019 mendatang," tandasnya.

Jadi, bukan tidak mungkin faksi ini bisa mengulang sukses disejumlah Pilkada seperti yang terjadi di Jakarta lalu. (Fdi)

#Partai Gerindra #PKS #PAN #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan