Headline

Koalisi Masyarakat Sipil Desak Presiden Jokowi Segera Ganti Panglima TNI

Eddy FloEddy Flo - Minggu, 12 November 2017
Koalisi Masyarakat Sipil Desak Presiden Jokowi Segera Ganti Panglima TNI
Gufron Mabruri dari Koalisi Masyarakat Sipil (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.Com - Koalisi Masyarakat Sipil meminta Presiden Jokowi segera melakukan proses pergantian Panglima TNI. Pasalnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun.

Salah seorang perwakilan Koalisi Masyarakat Sipil Gufron Mabruri mengungkapkan 3 alasan mengapa pergantian Panglima TNI penting dan perlu segera dilakukan. Pertama, mengacu pada UU TNI, pergantian Panglima TNI membutuhkan persetujuan DPR.

"Dengan pengajuan nama calon Panglima TNI baru sebagai pengganti Gatot Nurmantyo dari sekarang tentu akan memberikan keleluasaan bagi DPR untuk mencermati dan memeriksa profil kandidat sebelum memberi keputusan," ujar Gufron di Kantor Imparsial, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (12/11).

Kedua, sambung Gufron, dengan segera melakukan proses pergantian Panglima TNI dapat memberikan ruang bagi masyarakat sipil untuk ikut berpartisipasi dalam mencermati sosok kandidat tersebut.

"Meski pemilihan Panglima TNI merupakan hak prerogatif Presiden, namun sangat penting bagi Presiden untuk mempertimbangkan dan mencermati masukan dari publik," tandasnya.

Gufron melanjutkan, alasan ketiga, semakin cepat proses pergantian Panglima TNI dilakukan akan sedikit banyak membantu memperlancar proses transisi manajerial organisasi di dalam tubuh Mabes TNI.

Wakil Direktur Imparsial ini pun berharap, Panglima TNI baru bisa membawa TNI menjadi aktor pertahanan yang semakin profesional dan modern serta dapat mendorong proses reformasi TNI.

Diketahui, lembaga-lembaga yang tergabung di dalam koalisi masyarakat sipil ini yakni, Imparsial, Elsam, KontraS, Setara Institute, HRWG, Institut Demokrasi, Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Lingkar Madani Indonesia.(Pon)

#Panglima TNI #Jenderal Gatot Nurmantyo #Presiden Jokowi #Koalisi Masyarakat Sipil
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan