KNKT Selidiki Kelaikan Bus Sriwijaya yang Jatuh ke Jurang di Pagaralam

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 27 Desember 2019
KNKT Selidiki Kelaikan Bus Sriwijaya yang Jatuh ke Jurang di Pagaralam
/media/8f/7e/96/8f7e96ab0fc15da3d22d8d26e71ef6ba.png

Merahputih.com - Dinas Perhubungan Sumatera Selatan menyerahkan sepenuhnya permasalahan kecelakaan bus naas di Liku Lematang, Desa Prahu Dempo, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan pada Komite Nasional Keselamatan Transportasi.

Pihak KNKT telah melaksanakan pengecekan di lokasi kejadian untuk menyelidiki penyebab kecelakaan maut tersebut.

Baca Juga

Tragis, 25 Korban Tewas Akibat Bus Masuk Jurang di Pagar Alam

"Itu sudah diselidiki dan tim dari KNKT sudah berada di lapangan untuk menyelidiki permasalahan terjadinya bus naas tersebut. Apakah bus tersebut laik jalan atau tidak itu sudah diselidiki pihak KNKT," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Nelson Firdaus di Palembang, Jumat (27/12).

Saat ini KNKT sedang mengumpulkan data-data terkait terjadinya kecelakaan naas tersebut.

Memang, lanjut dia, setiap kendaraan yang akan operasional harus melalui uji kelayakan terlebih dahulu seperti pengecekan peralatan keamanan, sabuk pengaman termasuk ban.

Hal itu harus memenuhi standar yang telah ditentukan sehingga semua kendaraan harus dilakukan pengecekan sebelum operasional.

Evakuasi korban kecelakaan Bus Sriwijaya di Liku Lematang, Kota Pagaralam, pada hari kedua, Rabu (25-12-2019). ANTARA/Aziz Munajar

Dalam kesempatan itu pihaknya juga mengimbau kepada para pengemudi untuk memperhatikan rambu lalulintas yang ada sehingga perjalanan sesuai dengan keselamatan.

Selain itu, bila kelelahan sopir harus beristirahat terlebih dahulu sehingga akan nyaman membawa kendaraan dan selama sampai ke tujuan.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, agar semua kendaraan yang operasional harus memenuhi ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:

Kecelakaan Maut Tol Cipularang, 7 Penumpang Bus Bima Suci Tewas

Perlu di KIR terlebih dahulu sehingga saat dalam perjalanan merasa nyaman dan aman. "Hal itu penting agar dalam berkendara sehingga penumpang selamat hingga sampai tujuan," ujar dia.

Sebagaimana sebelumnya telah terjadi kecelakaan bus Sriwijaya masuk jurang Liku Lematang, Prahu Dempo, Pagaralam, Sumsel. Akibat musibah tersebut puluhan penumpang menjadi korban termasuk meninggal dunia dan luka-luka. (*)

#Kecelakaan Maut #Kecelakaan Bus #KNKT
Bagikan
Bagikan