Klungkung, Tempatnya Pantai Instagramable, ini 5 yang Paling Hit Kabupaten Klungkung punya pantai indah yang Instagramable banget. (foto: Indoasia-tourtravel)

KABUPATEN Klungkung merupakan satu dari delapan kabupaten yang ada di Bali. Lokasinya berada di bagian timur Pulau Dewata. Yang membuat kabupaten ini unik ialah sepertiga bagian wilayahnya ada di daratan pulau besar, sedangkan dua pertiga lainnya ada di tiga pulau terpisah, yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

Dengan wilayah yang terhitung sebagai yang paling kecil di antara kabupaten lainnya, Klungkung punya potensi wisata bahari yang mengagumkan. Wilayah kepulauannya menyimpan pantai-pantai indah, pesisir pulau, juga kekayaan taman bawah laut yang indah. Semuanya Instagramable. Cantik!

Berikut pantai Instagramable yang ada di Kabupaten Klungkung.


1. Pantai Penida

pantai penida
Airnya sebening kristal. (foto: Instagram @skinnymonkey)

Penduduk lokal mengenal lokasi ini dengan nama Pantai Penida, sedangkan pelancong menjulukinya Crystal Bay. Nama yang agak kebarat-baratan memang, tapi itu pas untuk menggambarkan perairannya yang sebening kristal. Bahkan, beberapa pengunjung menyebut bisa dengan mudah melihat pemandangan bawah laut tanpa perlu menyelam. Itu disebabkan airnya bening banget.

pantai penida
Sunset yang indah. (foto: Instagram @shogo_insta)

Pantai Penida berada di Teluk Penida, tepatnya di Banjar Penida, Desa Sakti. Dari Pelabuhan Nusa Penida, pelancing cukup menempuh kurang lebih 15 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit. Sementara itu, untuk mencapai Nusa Penida, kamu bisa menempuh perjalanan dengan kapal atau speed boat dari Pantai Sanur di Denpasar ataupun dari Padangbai di Klungkung.

Di depan Pantai Penida ada sebuah pulau kecil seluas sekitar 1 hektare. Pulau itulah yang meredam terjangan ombak yang cukup ganas. Masyarakat sekitar membangun sebuah pura di tengah pulau tersebut. Pura Penida namanya. Jika dilihat lagi, mirip seperti Tanah Lot di Kabupaten Tabanan.

Pesona warna keemasan saat matahari terbenam di Pantai Penida jangan sampai kamu lewatkan. Para pengunjung biasanya berfoto dengan latar belakang sunset dan atol kecil berlubang.

crystal bay
Pantai yang tenang dan nyaman. (foto: Instagram @tiarsayoga)

Selain spot foto indah, Crystal Bay menawarkan ketenangan dan kenyaman, jauh dari ingar-bingar dan kebisingan. Untuk melihat view secara utuh, kamu bisa naik bukit di sebelah barat dengan mengikuti ratusan anak tangga. Dari sana, kamu bisa melihat secara sempurna kelokan teluk dengan pasir putih yang berpadu hijaunya pohon kelapa. Gugusan atol dengan pura di puncaknya menambah indahnya pantai. Tepat di belakang atol, terlihat jelas Pulau Nusa Lembongan dan Ceningan yang hanya dipisahkan selat sempit yaitu, Selat Ceningan.


2. Angel’s Billabong

angel's billabong
Ceruk indah di ujung sungai. (foto: Instagram @tsh_118)

Istilah billabong merupakan kosakata yang datang dari Australia. Maknanya ialah ujung sungai yang buntu tempat air pasang berkumpul. Genangan air dalam billabong ini terbentuk akibat perubahan jalur sungai. Dari hal itu, muncullah ceruk-ceruk yang bisa dijadikan tempat berenang.

Angel's Billabong terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Ceruk ini terletak tak jauh dari Pasih (Pantai) Uug di antara dua tebing karang. Airnya jernih dengan semburat hijau dari warna algae yang hidup di dalamnya.

angel's billabong
Saat surut, kamu bisa berenang di dalamnya. (foto: Instagram @nusapenidatripadvisor)

Saat air surut, cukup aman untuk berenang di dalamnya. Namun, saat pasang, kamu cukup berswafoto dengan latar ceruk yang indah ini ya. Pasalnya, airnya cukup berbahaya saat pasang tiba.

3. Pasih Uug (Broken Beach)

pasih uug
Karang berlubang yang jadi daya tarik Pasih Uug. (foto: Instagram @nusapenidatripadvisor)

Namanya Pasih Uug. Dalam bahasa Bali, 'pasih' berarti pantai dan 'uug' berarti rusak. Namun jangan salah, pantai ini tidak rusak, bahkan indah!

Asal mula nama pantai ini ialah tebing tinggi yang berada di tengahnya. Tinggi setinggi 50 m-200 m itu punya lubang besar di tengahnya. Dari sanalah istilah 'uug' (rusak) muncul.

Kalau dipandang dari atas, bongkahan karang itu akan tampak seperti sumur raksasa yang dialiri air laut. Tebing yang bolong sehingga membentuk seperti jembatan di atasnya terlihat unik dan memesona.

Pantai Uug berada di Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Lokasinya jauh dari permukiman penduduk. Buat kamu yang ingin cari tempat menyepi, pantai ini pas banget.

4. Pantai Atuh

pantai atuh
Pasir putih nan lembut di Pantai Atuh. (foto: Instagram @tukris)

Nama Atuh diambil dari sebuah mata air yang terletak tak jauh dari pantai ini. Kata atuh berasal dari 'a' yang artinya tidak, dan 'tuh' yang berarti kering. Secara harfiah, atuh berarti tak pernah kering. Pantai ini terletak di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida.

Pantai tersembunyi berpasir lembut ini amatlah indah. Bahkan dijuluki sebagai Raja Ampatnya Nusa Penida. Empat pulau karang besar mengelilingi pantai ini. Pulau Batu Melawang/Pepadasan, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah, dan Pulau Bukit Jineng berdiri megah menjadi daya tarik nan indah.

pantai atuh
Pantai Atuh, Raja Ampatnya Nusa Penida, Klungkung. (foto: Instagram @nusapenidatripadvisor)

Berfoto dengan latar pulau karang tersebut tentu jadi kegiatan wajib saat kamu berkunjung ke pantai cantik ini.

5. Pantai Tembeling

pantai tembeling
Cerukan yang indah memesona. (foto: Instagram @chinatsusekiguchi)

Terletak di Desa Batumadeg, Nusa Penida, Pantai Tembeling menawarkan cerukan-cerukan menyerupai goa di tebing. Pantai ini mulai dikenal beberapa tahun belakangan. Awalnya dari penemuan mata air secara tidak sengaja oleh salah satu warga saat mencari sapinya yang hilang. Sejak saat itu, Pantai Tembeling pun makin sering dikunjungi warga setempat maupun turis asing dan domestik.

Kamu bisa menikmati keindahan pantai dan menyaksikan deburan ombak yang tanpa henti menghantam tebing karang.

Siap menjelajah pantai-pantai keren di Klungkung tadi?(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH