Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci Kloter Pertama jemaah haji Indonesia (Foto: MerahPutih/Win)

MerahPutih.Com - Kelompok terbang (kloter) pertama calon jemaah haji Indonesia tiba di Madinah, Arab Saudi, Selasa (17/7) kemarin.

Pada kloter pertama ini, sebanyak 392 CJH Indonesia kloter pertama itu berasal dari Padang, Sumatera Barat yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, Arab Saudi.

"Kedatangan bapak dan ibu sekalian di Madinah sebagai duta Indonesia, pesan kami mari sama-sama kita jaga nama besar Idonesia di Arab Saudi," kata Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh dikutip Media Center Haji 2018.

Calon jemaah haji Indonesia tiba di Madinah
Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia tiba di Madinah, Arab Saudi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Pesan Dubes Agus itu disampaikan dalam upacara penyambutan CJH. Adapun prosesi penyambutan kedatangan perdana jamaah itu dilakukan dengan sejumlah kegiatan.

Mereka mengikuti prosesi penyambutan dengan penaburan bunga dan lantunan shalawat nabi. Setiap jamaah memakan kurma nabi dan minum air zamzam dalam kegiatan tersebut.

Sebagaimana dilansir Antara, CJH asal Padang tersebut menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 3301.

Seusai kegiatan tersebut, Calon Jemaah Haji (CJH) akan berada di Madinah selama sembilan hari untuk melakukan sejumlah prosesi seperti ziarah, dan shalat di Masjid Nabawi.

Kemudian, para calon jemaah haji akan berangkat ke Makkah untuk melakukan sejumlah prosesi ritual umrah dan haji.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Disebut Jadi Caleg PDIP, Pengacara Habib Rizieq Klarifikasi



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH