Klenteng Hok Lay Kiong Saksi Bisu Pemberontakan Warga Keturunan Tionghoa Klenteng Hok Lay Kiong , Bekasi

Merahputih wisata- Terletak disebuah jalan sempit di Jalan Kenari 1, Margahayu, Bekasi Timur, berdiri sebuah bangunan Klenteng yang sangat bersejarah bagi kota Bekasi. Dominasi ornamen warna merah yang dipercaya oleh warga keturunan Tionghoa sebagai warna keberuntungan membuat Klenteng tersebut tampak sangat mencolok.

Ketua Klenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan mengatakan Klenteng Hok Lay Kiong yang memiliki arti istana yang mendatangkan rezeki ini telah berdiri sekitar 200 tahun lalu.

Saat itu warga keturunan Tionghoa yang menjadi buruh di Batavia memberontak ke pemerintahan Belanda. Namun, pada pemberontakan tersebut Belanda berhasil memukul mundur para buruh ke Wilayah Bekasi hingga Karawang.

"Saat itu terjadi pemberontakan buruh Tionghoa. Mungkin saat itu sistem pemerintahan atau kesejahteraan buruh yang tidak adil akhirnya jadi berantem. Akhirnya dipukul mundur buruh Tionghoa dan minggir ke Bekasi, Cikarang, Karawang," ucap Ronny kepada merahputih.com, Rabu (3/2).

Namun, Ronny menambahkan tidak ada yang mengetahui siapa pendiri Klenteng Hok Lay Kiong. "Kalau pendirinya enggak ada yang tahu," lanjutnya.

Seperti tempat peribadatan lainnya, Klenteng Hok Lay Kiong pun selalu ramai didatangi oleh para masyarakat beragama Konghucu dari pelbagai daerah untuk beribadat, terutama tanggal 1 dan 15 sesuai kalender Tiongkok.

"Ada yang namanya Ce It dan Cap Go. Ce It itu tanggal 1 penanggalan tahun Tionghoa. Cap Go itu tanggal 15 penanggalan Tahun Tionghoa. Setiap tanggal 1 dan 15 itu bulannya pasti purnama," tutur pria berkacamata ini.

Bukan hanya itu, Klenteng Hok Lay Kiong tak jarang dikunjungi oleh masyarakat umum yang hanya ingin mengenal sejarah bangunan tua di Kota Bekasi ini. Namun Ronny memberi catatan dengan tetap menjaga sopan santun dan etika. (yni)

BACA JUGA:

  1. Jelang Imlek, Klenteng Boen San Bio Mulai Bersolek
  2. Kehidupan Religius dari Vihara Dhanagun Bogor
  3. Harmoni Imlek di Kelenteng Hian Thian Siang Tee
  4. Pengemis Menjelang Imlek
  5. Jelang Imlek, Vihara Yang Sen Bio Bagi-Bagi Sembako


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH