Klenteng Hok Lay Kiong Jadi Destinasi Wisata Warga Bekasi Klenteng Hok Lay Kiong, Bekasi (Foto MerahPutih/Yani)

MerahPutih Wisata - Klenteng Hok Lay Kiong tak hanya ramai dikunjungi umat Konghucu yang ingin bersembahyang. Klenteng tertua yang ada di Kota Bekasi ini  juga ramai dikunjungi pelajar hingga masyarakat umum yang ingin mengetahui sejarah klenteng yang berumur 200 tahun ini.

Ketua Klenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan menjelaskan pengelola klenteng tidak membatasi pengunjung. Siapa saja boleh berkunjung. Namun, Ronny memberi catatan orang yang datang harus berpakaian sopan dan tidak bicara kasar.

"Ada beberapa orang yang datang ke sini untuk mengagumi sejarah-sejarahnya, itu boleh aja. Cuma karena ini tempat ibadah jadi dia juga harus memperhatikan etika, sopan santun. Misalkan cara berbusana dan menjaga ucapan," kata Ronny di Bekasi, Rabu (3/2).

Pantauan merahputih.com, di dalam Klenteng Hok Lay Kiong, terdapat patung dewa dan dewi umat Konghucu. Ruangan ini biasanya digunakan untuk sembahyang.  

Di pojok kanan ruangan terdapat pula relief Dewi Kwan Im. Nuansa warna merah menghiasi ruangan. Dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa warna merah dianggap membawa keberuntungan.

Tak ada salahnya di akhir pekan datang ke klenteng yang berlokasi di Jalan Kenari 1, Margahayu, Bekasi Timur ini untuk mengenal lebih dalam kebudayaan masyarakat Tionghoa. Setiap pengunjung akan disambut dengan ramah oleh pengurus Klenteng. (yni)

BACA JUGA:

  1. Jelang Imlek, Klenteng Boen San Bio Mulai Bersolek
  2. Kehidupan Religius dari Vihara Dhanagun Bogor
  3. Harmoni Imlek di Kelenteng Hian Thian Siang Tee
  4. Pengemis Menjelang Imlek
  5. Jelang Imlek, Vihara Yang Sen Bio Bagi-Bagi Sembako


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH