KLB Corona, Wali Kota Solo Batasi Jam Operasional Tempat Hiburan Malam dan Mall Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Selasa (24/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menggeluarlan surat edaran (SE) tentang pengaturan jam operasional tempat hiburan di Solo, Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 selama Solo berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB).

"SE tersebut diedarkan kepada pengelola tempat hiburan, pusat kuliner, dan pasar moderen. Kami juga berlakukan SE ini bagi mall dan usaha pariwisata di Solo," ujar Rudy di Solo, Selasa (24/3).

Baca Juga:

Pasien Corona Terus Bertambah, Wali Kota Solo Akan Tutup Bioskop dan Tempat Hiburan

Rudy mengatakan SE tersebut berlaku mulai tanggal 24-29 Maret. Pengelola setelah ada SE tersebut hanya boleh buka usaha mulai dari pukul 11.00-20.00 WIB dan menerapkan sistem social distancing selama beroperasi.

Pemkot Solo akan batasi jam operasional tempat hiburan dan Mall
Pusat perbelanjaan Benteng Trade Cantere (BTC) Solo, Jawa Tengah, Selasa (24/3). (MP/Ismail)

"Para pelaku usaha harus menindahkan aturan ini demi kebaikan bersama. Ini semua demi keselamatan rakyat yang lebih utama," tegas Rudy.

Kebijakan ini terus, kata Rudy, akan dipantau perkembangannya dengan evalusi. Pemkot tidak menutup kemungkinan akan memberikan sejumlah keringangan atau insentif untuk sejumlah tempat usaha, pedagang, dan lainnya yang terkena dampak ekonomi terkait penerapan ini.

"Kita akan koordinsi dengan PLN dan Telkom soal ini. Bisa juga kami berikan keringanan pajak-pajak dan lainnya," kata dia.

Baca Juga:

Pemprov DKI Siapkan Dua TPU untuk Pemakaman Korban Virus Corona

Rudy menambahkan Pemkot Solo juga mengatur sejumlah hal lain seperti gedung pertemuan dan hotel tidak diperbolehkan menerima pesanan atau menyelenggarakan kegiatan yang bersifat pengumpulan banyak orang seperti acara pernikahan.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Banyak Masyarakat Kerja dari Rumah, Arus Lalu Lintas di Ibu Kota Lancar



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH