Klaster Usai Lebaran Bermunculan, Pemda Diminta Terapkan Micro Lockdown

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 24 Mei 2021
Klaster Usai Lebaran Bermunculan, Pemda Diminta Terapkan Micro Lockdown
Test COVID-19. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Satgas COVID -19 mengingatkan seluruh pemerintah daerah untuk mewaspadai klaster keluarga usai libur lebaran Idul fitri 1442 H tahun 2021.

Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Dewi Nur Aiysiah, mengatakan, ada beberapa potensi sumber penularan COVID-19 usai lebaran. Antara lain para pemudik atau pelaku perjalanan, salat terawih saat bulan ramadhan, kegiatan halal bi halal, kerumunan di pusat perbelanjaan, dan kerumunan di lokasi wisata.

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Vaksinasi COVID-19 Ubah Siklus Menstruasi

"Kewaspadaan perlu dilakukan, karena beberapa kasus sudah terjadi dengan munculnya klaster-klaster baru." ujarnya di Jakarta, Senin (24/5).

Ia mencontohkan, terjadi klaster halal bi halal di Cilangkap Jakarta Timur dengan 51 orang positif di 16 rumah, klaster tarawih di Malang Jawa Timur dengan 21 warga terkonfirmasi positif. Dan klaster pelaku perjalanan di Griya Melati, Bogor dengan 25 warga positif.

Dewi yang juga seorang ahli epidemologi mengingatkan, mengoptimalkan 3 T, meningkatkan jumlah testing, perkuat kegiatan tracing, pelaksanaan karantina terpusat, dan memantau angka positivity rate dan varian-variannya.

Tes COVID-19. (Foto: Antara)
Caption

Selain itu, lanjut ia, perlu dilakukan pengendalian terkecil, yakni mengimplementasikan micro lockdown, memaksimalkan peran posko kelurahan/desa. Serta menjalankan sekenario pengendalian hingga level RT.

Satgas COVID-19 juga merekomendaskan untuk melakukan kolaborasi lintas lembaga dan melibatkan masyarakat. Antara lain dengan menumbuhkan kesadaran dan gotong royog masyarakat untuk saling menjaga, pengetatan pelaksanaan 3M dan penegakan disiplin serta kolaborasi lintas institusi sektoral, dari level pusat hingga daerah. (Knu)

Baca Juga:

Penyebaran COVID-19 Sangat Cepat, Bima Arya Minta Bantuan Menkes

#Satgas COVID-19 #Kasus Covid #COVID-19 #Vaksinasi #Vaksin Covid-19
Bagikan
Bagikan