Klarifikasi 'Yang Gaji Kamu Siapa?', Kominfo Salahkan ASN yang Ditanya Menteri

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 01 Februari 2019
Klarifikasi 'Yang Gaji Kamu Siapa?', Kominfo Salahkan ASN yang Ditanya Menteri
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

MerahPutih.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan klarifikasi terkait pernyataan Menkominfo Rudiantara soal 'yang gaji kamu siapa?' lebih kepada posisi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang digaji oleh negara tak sepatutnya mengaitkan hal tersebut dengan Pilpres 2019.

"Atas pernyataan “yang menggaji pemerintah dan bukan keyakinan Ibu”, “keyakinan” dalam hal ini bukanlah dimaksudkan untuk menunjuk pilihan ASN tersebut, melainkan merujuk kepada sikap ketidaknetralan yang disampaikan kepada publik yang mencederai rasa keadilan rakyat yang telah menggaji ASN," kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (1/2).

Lebih lanjut, Ferdinandus mengatakan Menkominfo merasa tak habis pikir mengapa ASN yang digaji rakyat/pemerintah menyalahgunakan kesempatan untuk menunjukkan sikap tidak netralnya di depan umum. Menkominfo hanya ingin menegaskan bahwa ASN digaji oleh negara sehingga ASN harus mengambil posisi netral, setidaknya di hadapan publik.

Kemenkominfo menyalahkan seorang ASN yang memberikan jawaban soal pemilihan desain stiker Pemilu 2019 yang malah jadi ajang kampanye capres pilihan seorang ASN di depan publik. Kemenkominfo menilai ASN tersebut tidak berusaha menjawab substansi pertanyaan, bahkan setelah pertanyaannya dielaborasi lebih lanjut oleh Menkominfo.

"Menkominfo menegaskan bahwa posisi ASN yang digaji negara/pemerintah harus netral dan justru menjadi pemersatu bangsa dan memerangi hoaks" tegasnya.

Kemenkominfo menyesalkan beredarnya potongan-potongan video yang sengaja dilakukan untuk memutus konteks masalah dan tidak menggambarkan peristiwa secara utuh.

Seperti diketahui, pada Kamis (31/1), Menkominfo Rudiantara terlihat terpancing dengan jawaban ASN kementeriannya yang memilih desain nomor 2 yang sesuai visi misinya.

Namun, ketika sang ibu kembali ke bangku, Rudiantara berteriak memanggilnya lagi.

"Bu! Bu! Yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa? Hah?" ujar Rudiantara dengan suara meninggi.

Pegawai itu pun membalikkan badan dan menjawab. Rudiantara langsung menimpalinya.

"Bukan yang keyakinan ibu? Ya sudah makasih," kata Rudiantara.

Terkait ucapan tersebut, PNS Kemenkominfo lainnya membuat riuh. Mereka mempertanyakan hasl voting dan pertanyaan Rudiantara yang dianggap berbau politis.

"Tapi sekali lagi, jangan dikaitkan dengan pilpres karena ibu-ibu, bapak-bapak, masih digaji oleh Kominfo, digaji oleh pemerintah. Terima kasih banyak," tutup dia. (*)

#Rudiantara #Menkominfo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan