Klarifikasi MGPA soal Unboxing Motor Ducati WSBK di Mandalika

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 11 November 2021
Klarifikasi MGPA soal Unboxing Motor Ducati WSBK di Mandalika
Oknum karyawan MGPA melakukan unboxing motor Ducati di Mandalika. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Indonesia tengah menjadi sorotan setelah viralnya video seorang oknum melakukan unboxing ilegal motor Ducati menjelang event World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

Direktur Strategis dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto buka suara. Menurutnya, insiden tersebut merupakan hanya kesalahpahaman.

Baca Juga

Bea Cukai Mataram Angkat Suara Viral Dugaan Panitia 'Unboxing' Kargo Tim WSBK

Sebab, kata dia, sesuai prosedur, barang harus diperiksa dan dibuka oleh pemilik barang dan atau dibuka oleh pihak forwarder yang mengurus impor dan ekspor barang tersebut dengan izin dari pemilik yaitu Dorna.

"Saat pemeriksaan dilakukan, peti box motor dibuka oleh forwarder disaksikan oleh pihak Dorna dan custom clearance," ucap Happy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (11/11).

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bahwa barang yang dibawa masuk ke Indonesia sesuai master list. Hasil pemeriksaan tersebut nantinya akan menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia setelah ajang balapan selesai, apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dibawa masuk.

"Sangat disayangkan di saat pemeriksaan dilakukan, ada pihak yang tidak berkepentingan dan tidak mengerti proses yang berlangsung, mengambil gambar dan mem-viralkan dengan isi berita yang tidak sesuai," tambahnya.


Oknum tersebut, tegas Happy, bukan karyawan MGPA. "Saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur," kata dia.

"Ini event yang sangat penting, yang membawa nama negara ke dunia, karenanya kami berusaha tertib dalam melaksanakannya," kata Happy.

Sementara itu, Executive director Dorna World SBK Organization, Gregorio Lavilla, memahami yang terjadi di lapangan dan mengerti sepenuhnya hal tersebut terjadi akibat antusiasme yang tinggi menyambut ajang WSBK di Mandalika. (*)

Baca Juga

1.500 Aparat Keamanan Jaga Ketat WSBK di Mandalika

#Mandalika #Sirkuit Mandalika #World Superbike
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan