Klarifikasi Luhut soal Keributan di Debat Kedua Capres Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (Foto MerahPutih/Yohanes Abimanyu)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritimam Luhut Binsar Panjaitan memberikan klarifikasi soal keributan yang terjadi di sela-sela debat capres kedua pada Minggu (17/2) lalu.

Dirinya mengaku bangkit dari tempat duduknya saat debat kedua capres guna mendinginkan suasana saat itu.

"Enggak-enggak (tidak ada keributan), saya bilang 'cooling down', biar suasananya enggak panas," kata Luhut di kompleks Istana Kepresisenan RI, Jakarta, Rabu (20/2)

Sebelumnya beredar video tentang keributan dalam arena debat kedua capres. Di lokasi itu terdapat sosok Luhut.

Luhut B Pandjaitan saat berbicara kepada awak media di Karanganyar, Jawa Tengah (MP/Ismail)

Menurut dia, dirinya bangun dari tempat duduk untuk meminta tidak ribut-ribut.

"Saya cuma bilang sama Ferdinan enggak usah ribut-ributlah, itu saja," ujarnya dilansir Antara.

Ia menyebutkan di depan sudah banyak yang ribut-ribut saat Debat Presiden 2019. "Ya, karena di depan kami sudah banyak, ya, saya 'kan boleh bilang jangan ribut-ribut. Masa enggak boleh?" ucapnya.

Sebelumnya, beredar video yang memperlihatkan protes yang disampaikan dengan cukup keras sampai membuat ruang debat kisruh. Tim dari Badan Pemenangan Prabowo-Sandiaga memprotes pernyataan dari capres yang dinilai menyerang secara pribadi. Saat protes itu, terlihat Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan ikut maju.

Ia ditenangkan oleh sejumlah anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, seperti Aria Bima dan Rizal Mallarangeng. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH