Klakson Korslet, Begini Cara Mengatasinya

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 20 Juli 2018
Klakson Korslet, Begini Cara Mengatasinya
Klakson sebagai penanda bunyi dari mobil yang kita kendarai. (Foto: Pexels/Scott Webb)

SALAH satu part kendaraan yang tak boleh dilupakan adalah klakson. Fungsinya memberitahukan kendaraan di depan akan keberadaan kendaraan kita. Bisa juga digunakan untuk mendorong mobil atau kendaraan lain di depan untuk maju.

Tapi klakson yang berbunyi terus tentu memekakan telinga. Bukan hanya bagi pemilknya, juga orang lain. Mata langsung tertuju ke kamu. Seolah kamu pencuri mobil. Cilaka!

Kondisi ini bisa jadi akan membuat kamu bingung apa yang harus dilakukan. Namun jangan panik, kondisi itu sebenarnya dapat diatasi dengan mudah.

relay
Relay atau sekring tempat memutuskan aliran listrik ke klakson. (Foto: weetech)

"Umumnya, kejadian korsleting klakson disebabkan oleh dua kemungkinan yaitu kegagalan sakelar yang berada di kemudi dan relay. Kegagalan yang sama juga bisa berdampak pada tidak berfungsinya klakson mobil," ujar Qobul dari Lutfi Audio kepada laman KabarOto.

Qobul memberikan cara untuk mengatasi masalah tersebut. "Untuk mengatasinya, lebih baik menepi di tempat yang memungkinkan. Kemudian cari posisi kotak sekring yang biasanya ada di dekat mesin mobil. Di dalam kotak itu anda akan menemukan sekring atau relay," terangnya.

Jika sudah menemukan sekring bertuliskan klakson, Qobul menyarankan untuk mencabutnya, sekring itu akan mematikan klakson.

accu
Cara paling mudah memutuskan aliran listrik ke klakson adalah memutuskan sumber listrik dari baterai. (Foto: enerjet)

"Kalau tidak bisa menemukan sekring mana yang berhubungan dengan klakson, mencabut baterai dapat menjadi opsi," imbuhnya.

Cara tersebut untuk menghentikan suara bising klakson sampai anda bisa melanjutkan perjalanan kembali dan membawanya ke bengkel.

Beberapa pabrikan kendaraan biasanya menempelkan diagram lokasi sekring di tutup kotaknya. Sehingga memudahkan untuk menemukan lokasi sekring yang tepat. (psr)

#Mobil
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan