Klaim Titik Genangan di Jakarta Turun Drastis, Kadis SDA: Rinciannya Saya Nggak Hafal Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendrawan. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

MerahPutih.com - Kepala Dinas Tata Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengklaim pada 2019 wilayah Jakarta hanya terdapat 25 titik genangan, meskipun hujan deras terus mengguyur ibu kota diawal Februari.

Sambung dia, 25 titik genangan itu berada di sekitar Jakarta Utara dan Barat. Namun, Teguh tak membeberkan di mana saja titik genangan yang dimaksud.

Kepala Dinas Tata Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan
Kepala Dinas Tata Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan

"Terakhir kemarin 25 titik paling banyak Utara dan Barat. Rinciannya? Ah saya gak terlalu hafal yang jelas 25 titik," kata Teguh di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin (4/2).

Teguh mengungkapkan, 25 genangan yang terjadi saat ini imbas dari pembangunan proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT).

"Mereka tetap memantau, menjaga, mengawasi dan langsung turun ke lokasi terdampak. Utamanya yang ada pembangunan LRT, MRT dan ruas jalan tol," jelasnya.

Teguh mengaku pada tahun 2019 ini titik genangan berkurang drastis dari tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, Teguh enggan merincikan berapa persen penurunan titik genangan setiap tahunnya.

Sementara untuk mengatasi genangan, Teguh menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan lebih dari 8000 petugas SDA yang ditempatkan diseluruh DKI Jakarta.

Petugas membersihkan saluran air yang mampet. Foto: Twitter

"Kalau mulai saya menjabat hampir 500 titik genangan sejak 2015, lalu 2016 masih dikisaran 300. Kemudian yang terakhir 25 di Januari ini," ungkap Teguh. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH