Klaim Kemenangan Prabowo-Sandi di Sejumlah Wilayah Dinilai Aneh dan Meragukan Wakil Direktur Bidang Saksi TKN Jokowi-Ma'ruf Lukman Edy (berjas tengah). (Dok PB PTMSI)

MerahPutih.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mempertanyakan klaim kemenangan yang dilakukan Prabowo Subianto pasca pencoblosan Pilpres 2019.

TKN mengatakan pernyatakan kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga adalah klaim sepihak. Salah satunya adalah kemenangan Prabowo di Riau. Klaim yang dilakukan oleh survei internal BPN bahwa kemenangan Prabowo-Sandi mampu meraih 78,26 persen.

Lukman Edy

“Apalagi kemudian menyatakan di Sumatera mereka menang semua,” kata Lukman Edy dalam keterangan persnya, Rabu (24/4).

Menurut Lukman, secara terbuka TKN memiliki mekanisme penghitungan survei internal dengan memperlihatkan “War Room” di salah satu hotel pekan lalu.

Pada perhitungan elektoral tersebut diketahui bahwa adanya entri data dari saksi-saksi dan melalui aplikasi ‘Jamin’. Adapun entri data dibantu oleh parpol koalisi.

“Kemudian ada PDIP yang melakukan rekapitulasi bukan hanya pileg, tapi juga pilpres sebagai perbandingan. Ada juga PKB, ada juga NasDem, kita di-support oleh tiga partai itu. Golkar untuk beberapa daerah, ada 9 provinsi yang memberikan support kepada kita untuk data mereka,” ujar Lukman.

Kesembilan Provinsi tersebut adalah sebagian di wilayah Timur. Papua, Papua Barat, Maluku, NTB, NTT, ada 9 provinsi yang datanya di-support oleh Golkar. Support system tersebut juga dibantu oleh kader unggul yang ada di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Kalau PKB umumnya di kabupaten-kabupaten di Jawa Timur, kalau PDIP semuanya, seluruh Indonesia mereka support, terutama data-data manual ada di PDIP,” tutur Politikus PKB ini.

Ilustrasi Pilpres 2019 (Foto: antaranews)

Hal lain yang bisa diunggulkan TKN adalah dengan meletakan satu saksi di lebih kurangnya 809.500 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kita juga punya saksi tiap TPS se-Indonesia. Kalau BPN kan tidak semuanya ada. Jadi lebih bisa kredibel,” ucapnya. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH