KKP Targetkan Produksi Perikanan Budidaya 31 Juta Ton

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 11 Agustus 2017
KKP Targetkan Produksi Perikanan Budidaya 31 Juta Ton
Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto (kedua kiri) saat menebarkan benih ikan di Lombok Timur, NTB, Senin (7/8). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

MerahPutih.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan jumlah produksi perikanan budidaya sebesar 31,3 juta ton pada tahun 2019 mendatang.

"Untuk kebutuhan benih semua jenis ikan tawar, payau dan laut, diproyeksikan pada tahun 2019 mencapai 141 miliar ekor," kata Dirjen Perikanan Budidaya Perikanan KKP Slamet Soebjakto, Kamis (10/8).

Menurut Slamet, dengan produksi benih sebesar itu diharapkan dapat mendukung target produksi perikanan budidaya yang juga terus meningkat.

Ia juga mengingatkan bahwa berdasarkan data KKP tahun 2011-2015, produksi benih ikan air tawar secara nasional mengalami kenaikan rata-rata 20 persen per tahun, sedangkan kenaikan produksi perikanan budidaya rata-rata naik 19,08 persen dalam rentang waktu yang sama.

Sebelumnya, KKP juga telah menjamin perkembangan usaha budidaya mutiara di berbagai daerah antara lain dengan memastikan ketersediaan stok kerang mutiara di sejumlah kawasan perairan nasional.

"Yang jelas pemerintah memiliki tanggungjawab untuk menjamin usaha budidaya mutiara ini tetap berkembang," kata Slamet Soebjakto. (*)

Sumber: ANTARA

#Kementerian Kelautan Dan Perikanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan