KKP Akan Bangun 60 TPI Higenis di Seluruh Indonesia Dirjen Perikanan Tangkap, KKP Sjarief Widjaja. Foto: Mauritz/MP

MerahPutih.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun 60 Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di seluruh Indonesia pada 2018.

Hal ini diungkapkan Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja di Cirebon, Kamis (15/2).

Pada tahun 2017 lalu, KKP telah membangun 32 TPI higenis di seluruh Indonesia dan pada tahun 2019 juga akan dibangun 60 TPI higenis di seluruh Indonesia.

"Tahun ini kita akan bangun 60 (TPI higenis) dan tahun depan (2019) juga 60 (TPI higenis). Pembangunan TPI Higenis untuk meningkatkan mutu hasil tangkapan nelayan," kata Sjarief.

Pembangunan TPI higenis ini, merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Menurutnya, dengan adanya TPI higenis harga ikan hasil tangkapan akan meningkat.

"Harga ikan akan tinggi apabila diurus dengan baik dan dengan adanya TPI higenis ini ikan tidak terkena langsung matahari," sebutnya.

Pada tahun 2018 KKP berupaya untuk membenahi pelabuhan perikanan dengan menyediakan TPI higenis, pelabuhan yang bersih serta kapal bersih.

Berita ini merupakan laporan Mauritz, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH