Kisah Yohana Yusuf, Anak Garuda yang Turun Langsung Jadi Produser Film SAlah satu dari karakter asli Anak Garuda menjadi produser Film (Foto: Andhika Hutama Putra/side.id)

FILM Anak Garuda merupakan film layar lebar terbaru yang diangkat dari kisah nyata tujuh siswa-siswi sekolah Selamat Pagi Indonesia yang sangat inspiratif.

Salah satu dari ketujuh orang yang kisahnya diangkat ke film Anak Garuda ialah Yohana Yusuf, atau yang akrab disapa Yohana.

Baca Juga:

Keharuan Pecah seusai Gala Premier Film 'Anak Garuda'

Dalam penggarapan film ini, Yohana berperan penting, yakni berkesempatan mengisi posisi sebagai produser.

Padahal sebelumnya, Yohana tak memiliki basic sama sekali menjadi seorang produser. inilah kali pertama ia berkecimpung di dunia film.

Yohana Yusuf, salah satu Anak Garuda yang berkesempatan menjadi produser film. (Foto: instagram @yohana-anakgaruda)

Kendati demikian, Yohana tak lantas minder. Justru hal itu menjadi semangat baginya untuk memberikan hasil terbaik dengan terus belajar.

Dalam proses syuting film Anak Garuda, Yohana tak menampik bahwa ia menemukan berbagai kesulitan. Apalagi sebagian syutingnya dilakukan di Eropa.

"Pertama kalinya langsung syuting di Eropa. Itu enggak mudah. Tantangan utama sih situasinya. Kalau syuting di Indonesia jamnya bisa fleksibel, tapi kalau syuting di Eropa, maksimal 12 jam," jelas Yohana saat ditemui Merahputih.com, Senin (13/1).

Baca Juga:

Kisah Inspiratif di Balik Film dan Soundtrack 'Anak Garuda'

Waktu 12 jam untuk syuting, menurut Yohana, merupakan waktu yang cukup singkat. Alasannya, dalam waktu sehari syuting, ia dan kru harus mengejar 10-12 scene. Hal itulah yang menjadi tantangan tersendiri, karena jika syuting lebih dari 12 jam, ia bisa dikenai denda.

Meski mendapat banyak kesulitan dan tantangan, Yohana bisa mengatasi hal itu. Ia didampingi para profesional yang telah lama berkecimpung di bidang film. "Di tengah kesulitan, Yohana bersyukur enggak sendirian, tapi didukung mentor yang luar biasa di dunia film, seperti Alim Sudio, Verdy Sulaiman, dan Fazuan Rizal," ucap Yohana.

Meski mendapatkan banyak kesulitan, Yohana terus belajar dan berusaha maksimal menjadi produser (Foto: Andhika hutama putra/side.id)

Yohana yang gemar bersosialiasi dan mencoba sesuatu yang baru ini tak ingin melewatkan kesempatan emas dengan meraih banyak ilmu di balik layar selama penggarapan film Anak Garuda. Dari mulai melihat sutradara mengarahkan pemain, melihat proses casting, hingga melihat proses sinematografi. "Seru sih jadi produser, tanggung jawabnya besar, tapi bisa tahu semuanya. Memang salah satu cita-cita aku pengin jadi produser, jadi ingin mencoba berbagai jenis film lain," ucap Yohana.

Di masa depan, Yohana mengaku akan lebih mendalami dunia film. Banyak proses pembelajaran yang membuatnya ketagihan. Apalagi ketika melihat penonton di Gala Premier yang tertawa lepas hingga menangis haru saat pemutaran film berlangsung.

Respons yang luar biasa dari para penonton saat Gala Premier Anak Garuda membuat semangat Yohana kian terbakar. Ia ingin terus melahirkan karya-karya yang bisa menginspirasi banyak orang. (Ryn)

Baca Juga:

Rania Putrisari Alami Banyak Perubahan Positif Setelah 'Anak Garuda'

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH