Musik
Kisah Travie McCoy Nyaris Akhiri Hidup dalam ‘The Bridge’ Travie McCoy sampaikan pesan menguatkan dalam 'The Bridge'. (foto: Dok Secret Signal)

MELALUI masa awal pandemi di 2020 tak diragukan lagi menjadi pengalaman berat bagi banyak orang. Bagi musisi Travie McCoy, itu merupakan masa tergelap dalam hidupnya. “Tahun 2020 merupakan tahun terburuk dalam kehidupanku dan kehidupan banyak orang,” kata McCoy dalam keterangan pers yang diterima Merahputih.com, Kamis (23/6).

McCoy mengungkapkan ia menggunakan lagu untuk menyampaikan pesan kepada semua orang yang tengah melalui masa-masa tersulit, khususnya di tengah pandemi COVID-19, ditambah ketakutan yang harus dilewati. “The Bridge merupakan lagu yang sangat penting bagiku dan lebih daripada sekadar sebuah lagu,ujarnya.

BACA JUGA:

Johnny Depp Kembali Bermusik dan Bersiap Tur Bersama Hollywood Vampires

Musisi yang membentuk Gym Class Heroes pada 1997 ini mengatakan kepada semua pendengar bahwa ia dan musiknya akan selalu ada untuk mereka. “Aku selalu transparan dari segi musikku,” ujarnya.

Bagi McCoy, The Bridge merupakan momen ia berbicara kepada dirinya sendiri di salah satu masa tergelap dalam hidupnya. “Ini caraku memberikan cahaya kepada semua orang bahwa mereka tidak sendiri,” kata musisi yang pernah tampil bersama Bruno Mars untuk lagu hit Billionaire ini.

album travie mccoy
Travie McCoy akan merilis album 'Never Slept Better' pada 15 Juli mendatang. (foto: Dok Secret Signal)

Tak hanya lagunya, visual dalam klip lagu ini menyampaikan kisah yang sama. Video musik The Bridge disutradarai Spaced Visuals menggunakan konsep yang telah dibangun McCoy selama bertahun-tahun. Video tersebut membawa para penonton ke ruang pikiran McCoy saat ia pernah berpikir untuk mengakhiri hidupnya. Jembatan yang dihadirkan di video ini menjadi penggambaran batas antara kehidupan dan kematian. Teman Travie, Trevor Shannon, yang merupakan seorang performer dan penerjemah American Sign Language (ASL), membintangi video untuk lagu ini. Kolaborasi McCoy, Shannon, dan Elohim, yang suaranya turut ditampilkan di lagu ini, menguak sisi lain dari album paling personal McCoy, Never Slept Better. Album tersebut akan dirilis pada 15 Juli mendatang.

“Aku ingin berterima kasih kepada temanku Trevor dan komunitas ASL atas dukungan mereka untuk menambah awareness terhadap hal yang kita lalui dan juga orang-orang yang memiliki disabilitas yang sedang melalui hal yang sama. Aku telah membakar banyak jembatan di hidupku, saatnya aku membangun jembatan-jembatan baru,” kata musisi kelahiran 1981 ini.

Tumbuh sebagai anak birasial di Geneva, New York, McCoy mencintai musik hardcore dan punk rock bersama dengan hip hop dan R&B. Alih-alih memilih satu jalur, ia muncul dan menciptakan musik yang menggabungkan berbagai genre dan mengubah dunia musik alternatif modern dan pop.

BACA JUGA:

Dewa 19 Akan Guncang Candi Prambanan

Pada 1997, ia membentuk Gym Class Heroes, sebuah grup yang menemukan komunitas di ruang alternatif/punk, tapi juga berhasil masuk ke kancah mainstream dengan hit Cupid’s Chokehold dan Stereo Hearts. Namun, sebagai solois, ia meraih pencapaian baru dan membantu beberapa artis baru memulai karier mereka, dengan lagu-lagu hit seperti Billionaire bersama Bruno Mars.

Saat melalui masa-masa ini, McCoy juga mulai berjuang melawan kecanduan dan depresi. Hal itu membawanya ke momen hampir mengakhiri karier dan hidupnya. Setelah berusaha pulih dan melawan kegelapan dalam dirinya, ia mulai kembali merasa kreatif. Ia memutuskan bahwa ia akan jujur pada dirinya sendiri dan keahliannya. Ia ingin menulis musik yang ia yakini 100 persen, dengan mencurahkan hati dan jiwanya. Ia menjadikan musik sebagai sarana ekspresi diri yang sempat hilang darinya.

Hasil dari usaha tersebut ialah album Never Slept Better. Ini menjadi album paling jujur yang sangat kuat dari kariernya selama ini. Dengan judul album yang merujuk pada The Most Dangerous Game karya Richard Connell, album ini merangkum 10 tahun terakhir kehidupan McCoy dengan kejujuran yang brutal.

Ini merupakan perjalanan yang menceritakan cobaan dan kesengsaraan dari kecanduan, krisis kesehatan mental, dan sulitnya melalui berbagai karakter yang berbahaya di industri musik. Album ini menjadi tetirah untuk sampai ke tempat ia akhirnya bisa merasa damai.

Album ini bisa saja menjadi sebuah album yang gelap dan menyedihkan, tapi McCoy membuatnya dengan kepercayaan bahwa di mana ada kegelapan, ada juga kegembiraan dan harapan. Setelah bertahun-tahun mengarungi dunia yang penuh bahaya, McCoy mengumpulkan musik yang paling jujur dan emosional dalam kariernya. Inilah saat ia tidak pernah bisa tidur senyenyak ini sebelumnya.(dwi)

BACA JUGA:

10 Tahun Lalu Westlife Resmi Bubar

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Peralatan Rumah Tangga Estetik, Praktis dan Mudah Digunakan
Fun
Peralatan Rumah Tangga Estetik, Praktis dan Mudah Digunakan

Segera ganti peralatan rumah tangga kamu dengan desain yang estetik.

Pelajar, Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Mengikuti Kompetisi Ini
Fun
Pelajar, Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Mengikuti Kompetisi Ini

Rangkaian kompetisi pelajar untuk meraih prestasi.

Rupawan, Selebritas ini Tetap Insecure
ShowBiz
Rupawan, Selebritas ini Tetap Insecure

Meski terlihat sempurna mereka juga bisa insecure loh.

Nikmati Dua Lokasi Wisata Teranyar Kota Bandung
Hiburan & Gaya Hidup
Nikmati Dua Lokasi Wisata Teranyar Kota Bandung

Kampung Wisata Kreatif Cigondewah dan Kiara Artha Park nan baru saja direaktivasi.

Samsung Galaxy A13 dan A23 Hadir dengan Kamera Beresolusi Tinggi
Fun
Samsung Galaxy A13 dan A23 Hadir dengan Kamera Beresolusi Tinggi

Samsung Galaxy A13 dan A23 memiliki resolusi kamera yang sama.

Inovasi Teknologi Kendaraan Listrik 2022
Hiburan & Gaya Hidup
Inovasi Teknologi Kendaraan Listrik 2022

Potensi pengembangan teknologi yang perlu mendapatkan perhatian pada 2022.

Inspirasi Produk untuk Sambut Imlek 2022
Hiburan & Gaya Hidup
Inspirasi Produk untuk Sambut Imlek 2022

Jadikan Imlek tahun ini lebih istimewa dari sebelumnya.

Liburan Sekolah Makin Asyik dengan Penawaran Menarik
Fun
Liburan Sekolah Makin Asyik dengan Penawaran Menarik

Manfaatkan liburan dengan hal-hal positif.

Pindah Studio, Proyek Gim Prince of Persia Remake Kembali Ditunda
Fun
Pindah Studio, Proyek Gim Prince of Persia Remake Kembali Ditunda

Banyak hal yang harus mereka garap, serta pindahnya studio ke tempat pertama rilis.

Green Pass Jadi Syarat Turis Italia Berwisata
Fun
Green Pass Jadi Syarat Turis Italia Berwisata

Beberapa negara lainnya juga menerapkan sistem Green Pass.