Pengemis Jalanan yang Jadi Selebgram Seorang pengemis jalanan kini menjadi selebgram karena suatu hal yang tak terduga (Foto: instagram @itsritagaviola)

EMPAT tahun lalu, seorang perempuan berusia 13 tahun bernama Rita Gaviola merupakan pengemis jalanan di kota Lucban, Filipina.

Namun, saat ini dia telah bekerjasama dengan beberapa brand ternama dunia sebagai model fesyen. Bahkan membintangi acara reality show ternama, dan memiliki lebih dari 100 ribu follower di instagram. Keberuntungannya itu berawal dari foto acak.

Baca Juga:

Kisah Viral Kucing Terjebak 40 Hari di Apartemen, Karena Pemiliknya Terkena COVID-19

Kisah Rags to Rich ini dimulai pada tahun 2016. Dulu dia meminta sedekah di jalan-jalan Lucban, untuk membantu keluarganya memenuhi kebutuhan hidup.

Berawal dari fotografer yang mengunggah potret rita di media sosial dan menjadi viral (Foto: topher quinto burgos/ritagaviola)

Ayahnya bekerja sebagai pemulung dan ibunya tinggal di rumah untuk menjaganya dan lima saudara kandungnya. Tak ada yang bersekolah karena untuk makan bagi keluarga tersebut pun sulit. Ini yang mwmbuat Rita keluar rumah untuk meminta sedekah, uang kembalian atau sumbangan makanan. Saat itu Rita terlihat oleh fotografer Filipina Topher Quinto Burgos yang kebetulan menghadiri Festival Pahiyas di Lucban pada Mei 2016.

Baca Juga:

Viral! Cara Unik Seorang Ayah Modifikasi Ransel Untuk Lindungi Bayinya dari Virus Corona

Dia tertarik dengan kecantikan alami dari Rita, dan mengunggah foto-fotonya di internet. Seketika mengubah kehidupan gadis itu.

Foto gadis berusia 13 tahun itu beredar luas dengan cepat, banyak orang yang memuji kecantikannya yang alami. Seorang anggota etnis minoritas Badjao, yang dijuluki 'Badjao Girl' pun menarik perhatian beberapa ratu kecantikan Filipina, hingga mereka melakukan yang terbaik untuk membantu gadis itu keluar dari jurang kemiskinan.

Selebriti seperti Miss World Philippines 2015 Hillarie DAnielle Parungao, Miss International Philippines 2014 Bianca Guidotti, dan Miss Earth 2015 Angelia Ong, turun ke media sosial untuk memuji bentuk tubuh Rita yang seperti model dan memiliki wajah eksotis. Tentu yang menarik perhatian yakni Rita merupakan pengemis jalanan di Lucban.

Rita Gaviola kini menjadi seorang selebgram sukses (Foto: instagram/@itsritagaviola)

Bocah berusia 13 tahun diwawancara, menjadi model untuk berbagai brand dan mendapat peran kecil dalam serial televisi. Menariknya, Rita juga menjadi salah satu orang termuda yang menghadiri Big Reality Show Internasional. Semua orang terkenal yang berada di sekitar wilayah tersebut, membantu 'Badjao Girl' meraih dukungan online, termasuk penggemar dari luar negeri, dan beberapa di antaranya membantu Rita beserta keluarga secara finansial.

Pada tahun 2018, Rita Gaviola mengunggah video YouTube yang menampilkan rumah baru keluarganya, dan berterima kasih pada Grace Kreutzer, penggemar setianya dari Amerika Serikat. Kreutzer dilaporkan mensponsori pembangunan rumah baru tersebut.

Tapi, meski perhatian pada Rita telah mereda dalam beberapa tahun terakhir, ia tetap sangat populer di media sosial Filipina, khususnya Instagram. Rita telah memiliki lebih dari 100.000 pengikut. Dia masih menjadi model dari waktu ke waktu, namun saat ini dia lebih memprioritaskan pendidikannya. (ryn)

Baca Juga:

Cantiknya Rica Andriani, Istri Kapolsek Kembangan yang Pernikahannya Viral

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH