Kisah Semasa Kuliah Pidi Baiq dalam Film 'Koboy Kampus' Koboy Kampus menceritakan kisah semasa kuliah Pidi Baiq (Foto: MP/Albi)

PIDI Baiq, penulis novel Dilan kembali mengangkat novelnya ke layar lebar. Kali ini, Pidi mengangkat novel bertajuk Koboy Kampus untuk difilmkan. Cerita Koboy Kampus merupakan kisah nyata Pidi Baiq semasa kuliah.

Baru kali ini dia blak-blakan tentang jati dirinya di masa pencarian dengan pemikiran dan ide-ide gilanya yang akan terlihat dalam film tersebut. Istilah itu dikenal di sekitar kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) era 90-an.

Ringkasnya, film tersebut akan menceritakan kisah Pidi Baiq mulai dari sebuah lagu yang dinyanyikan The Panasdalam, Grub Band bentukannya sejak tahun 1995. Hingga akhirnya tegagas membuat sebuah negara fiktif yang terdengar konyol. Namanya Negara Republik Kesatuan The Panasdalam.

Melibatkan artis ternama tanah air (Foto: MP/Albi)

Bukan sekadar ilustrasi, tapi negara itu merupakan bentuk isi hati sebagian mahasiswa ITB. Yang lebih memiliki mengkritisi pemerintahan orde baru secara kreatif. Daripada langsung turun ke jalan yang sudah dilakukan mahasiswa dari kampus lain.

Baca juga:

Film Remake, Cita Rasa Klasik di Zaman Kekinian

Negara The Panasdalam juga tak kalah lantang sebagai sebuah negara fiktif. Meski hanya ada 18 warga saja saat pertama kali negara tersebut terbentuk. Lalu, bagaimana saja sih kehidupan warga di negara tersebut beserta aturannya? Kamu bisa tonton langsung filmnya saat tayang pada 25 Juli 2019 mendatang nanti.

Deretan artis ternama terlibat dalam film bergenre drama musikal ini. Di antaranya ialah Jason Ranti (Pidi Baiq), Ninuk (Ricky Harun), Deni (Bisma Karisma), Erwin (David John), hingga Dikdik (Miqdad Auddasy). Sementara sebagai sutradara dan penulis skenario, Pidi Baiq mempercayakan Tubagus Deddy untuk mengemban tugas tersebut. (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH